Sektor Layanan Online Terhambat Pemadaman Listrik

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebijakan pemadaman listrik yang dilakukan PLN akhir-akhir ini, ternyata benar-benar menyentuh keseluruh lapisan. Bukan hanya sektor industri dan perdagangan, sektor layanan pun merasakan nasib yang sama. Seperti halnya yang dikatakan Kepala Dinas Pendaftaran Penduduk, HR Dorman Johan kepada wartawan Minggu (17/8). 

Menurut Dorman, sistem layanan online Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang memakai jasa jaringan komputer, tidak terlepas dari listrik. Maka setelah adanya pemadaman listrik saat ini, otomastis layanan pasti berdampak. Diantaranya, terganggunya sistem layanan online, kemudian sering rusaknya perangkat lunak pada komputer.

Dari dua dampak tersebut, sedikit banyaknya cukup mempengaruhi kinerja serta layanan kepada masyarakat, ujar Dorman mengisyaratkan.

Saat ini kata Dorman, setiap kali ada kerusakan, masing-masing kecamatan segera melakukan perbaikan sendiri. Inisiatif ini diambil mengingat layanan kepada terhadap warga.

“Saat ini, jika ada sistem atau peralatan rusak, langsung diperbaiki pihak kecamatan tersebut. Karena ini pelayanan,” kata Dorman

Sedangkan permasalahan online telephon yang berpusat di Jakarta, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Pasalnya, di Jakarta sendiri terjadi persoalan kebijakan pemadaman listrik yang juga berakibat layanan telephon online. Otomatis, pusatlah yang tau masalah ini. (muchtiar)

 

Rizki: