Sekte Pertama Membolehkan Biksu Menikah

PEKANBARU (RiauInfo) – Saat ini tedata 1,2 juta umat Buddha dari sekte Niciren Syosyu di Indonesia. Sekte Buddha yang berasal dari negara matahari terbit, Jepang ini diyakini satu-satunya membolehkan para Biksunya menikah.

Di Indonesia, umat Buddha asal sekte ini belum ada yang mendapat peringkat Biksu tersebut. Padahal Indonesia juga termasuk punya terbanyak pemeluk sekte Niciren Syoyu ini di seluruh dunia. “Hingga saat ini peringkat Biksunya masih dari Jepang. Dari Indonesia, baru-baru ini ada beberapa orang mengikuti peringkat Biksu tersebut ke Jepang,” sebut Renny Tunggara dari Humas Wahana Negara Raharja (WNR) yang merupakan satu wadah kegiatan sekte ini di Indonesia.

Namun para isteri Biksu tersebut menurut ajaran sekte ini tidak boleh melakukan kegiatan lain selain melayani keperluan suaminya sebagai Biksu. “Jika seseorang telah menjadi isteri Biksu, maka kegiatan fokusnya hanya melayani dan mendampingi suaminya sebagai Biksu,” terang Renny.

Di Pekanbaru, Riau, umat penganut Budhha sekte ini tercatat sebanyak 300 orang dan mengikuti acara WNR tersebut dalam kepanitiaannya. Sekte Buddha asal Jepang ini mengadakan kegiatan rutin tahunannya yakni WNR di Pekanbaru dengan menghadirkan sekitar seribu peserta yang datang dari berbagai daerah Indonesia. Kegiatan dimaksud telah berlangsung sejak 25 Oktober lalu dan akan berakhir pada 28 Oktober mendatang.(Surya)



Rizki: