Sekolah Diharamkan Pungut Uang Penerimaan Siswa Baru

720 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Pendidikan Riau menyatakan proses penerimaan siswa-siswi baru (PSB) yang dimulai 4 Juli ini tidak akan dipingut biaya formulir. Formulir pendaftaran dapat diperoleh secara gratis di masing-masing sekolah, baik swasta maupun negeri.

“Penerimaan siswa baru ini akan diusahakan gratis guna memudahkan masyarakat memasukkan anaknya ke sekolah,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Riau Irwan Effendi di Pekanbaru. Namun untuk biaya di luar formulir pendaftaran, Dinas Pendidikan menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah bersangkutan.

Biaya-biaya itu, menurut dia, bisa saja untuk psikotes bagi siswa baru. Namun tidak seluruh sekolah yang menerapkan psikotes ini. Biasanya hanya dilakukan oleh sekolah-sekolah faporit saja, baik itu swasta maupun negeri.

Bagi sekolah-sekolah paforit psikotes mungkin dianggap perlu untuk menjaring bibit-bibit unggul sekolah tersebut. Tapi ini tergantung dari kebijaksaan pihak sekolah, tapi yang jelas untuk biaya pendaftaran tidak akan dipungut biaya.

Penerimaan siswa baru ini dimulai 4 Juli mendatang. PSB dilakukan serentak di seluruh Riau untuk tingkat SD, SMP dan SMA, baik untuk sekolah negeri maupun sekolah swasta. Formulir pendaftaran saat ini sudah dapat diambil di masing-masing sekolah.(ad)

Posting Terkait