Sekda Gugah Nasionalisme Generasi Muda

RiauInfo – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November hendaknya menjadi momentum guna menggugah kembali semangat nasionalisme generasi muda terhadap nilai patriotisme Pahlawan.

Sejatinya, memaknai hari pahlawan di era modern ini, bukan hanya mengenang para pahlawan yang memanggul senjata dan berperang untuk mempertahankan kemerdekaan. Akan tetapi bagaimana cara, agar diri pribadi bisa berguna bagi orang lain. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) H Burhanuddin usai Ziarah Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kesuma Ksatria Bengkalis, Senin (10/11/2014).

“Memang makna kepahlawan tentu setiap generasi terjadi perubahan, tidak sama, pada masa dulu mereka mengangkat senjata, hari ini tentu tidak seperti itu, karenan tantangan juga berbeda, yang harus dilakukan generasi muda adalah menyelamatkan dan membangun negara ini, itu yang harus ditanamkan” terang Sekda.

Terkait sedikitnya generasi muda yang mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan seperti ziarah makam pahlwan, Sekda berujar bahwa mengenang jasa para pahlawan itu penting, bertujuan menyatukan persepsi dan menumbuh kembangkan jiwa patriotisme.

“Mengenang jasa para pahlawan itu sebuah keharusan, tapi bukan hanya itu saja. Di era kekinian, dari kacamata budaya, bagaimana kita bisa menjadi pahlawan bagi tanah air, terutama untuk masyarakat sekitar. Karena orang yang berguna bagi orang lain layak disebut pahlawan,” tuturnya lagi.

Dalam ziarah tersebut tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H Heru Wahyudi, sejumlah pejabat Eselon II lingkup Pemkab Bengkalis, anggota TNI/Polri, dan veteran.

 

Rizki: