Sejumlah Peralatan Penting di RSJ Rusak Akibat Banjir

659 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banjir yang melanda sebagian kawasan di Kecamatan Tampan, Pekanbaru, termasuk juga Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru telah menimbulkan kerugian cukup besar. RSJ Pekanbaru misalnya, banjir telah membuat berbagai peralatan pentingnya mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa dipergunakan lagi. 

Peralatan yang rusak akibat terendam banjir itu antara lain komputer, mesin pompa air dan beberapa lainnya. Banjir juga telah merendam sejumlah obat-obatan yang tersedia di rumah sakit tersebut. Namun demikian berapa kerugian yang dialami oleh pihak RSJ Pekanbaru sampai saat ini belum bisa diketahui, karena belum dihitung.

Kepala Bagian Sekretariat RSJ Pekanbaru, Rosmawati mengatakan peralatan-peralatan itu tidak bisa diselamatkan karena petugas piket di RSJ ini tidak bisa memantau seluruh ruangan, karena kawasan yang dilanda banjir cukup luas. Akibatnya ada beberapa tempat yang tidak terpantau, sehingga barang-barang yang ada di ruangan itu ikut tenggelam.

Saat ini menurut dia, akibat rusaknya pompa air, RSJ mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bagi keperluan rumah sakit dan pasiennya. Suplai air ke sebagian ruangan dan untuk mandi bagi pasien menjeadi terganggu. “Saat ini pompa tersebut sedang diperbaiki, sehingga diharapkan suplai air bisa kembali normal,” jelasnya.

Dia menambahkan, selama banjir ini pihaknya sudah menerima bantuan dari Pemprov Riau melalui Badan Kesejahteraan Sosial (BKS) berupa nasi bungkus untuk para pasien serta dua unit perahu paket. Perahu karet itu digunakan untuk melakukan evakuasi terhadap pasien di RSJ Pekannbaru tersebut.(Ad)

 

Posting Terkait