Sejumlah Perairan Riau Alami Gelombang Pasang

545 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah perairan Provinsi Riau mengalami ketinggian gelombang pasang yang beragam Sabtu (10/01/2009) ini. Pesisir Riau bagian Utara dinyatakan aman dari ancaman gelombang pasang. Sebaliknya, pesiisr Riau bagian Selatan mengalami gelombang antara 1 hingga 2 meter. 

Ketinggian gelombang mencapai 1 hingga 1,5 meter terjadi di wilayah perairan pulau Bengkalis hingga ke Selat Panjang. Sedangkan ketinggian gelombang meningkat 1,5 hingga 2 meter terjadi dari Selat Panjang hingga ke wilayah pesisir Inderagiri Hilir.

Sejumlah perairan itu dinyatakan berbahaya bagi pelayaran karena mengalami gelombang pasang tersebut. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru menyatakan keadaan itu menyusul pergerakan angin dan cuaca buruk masih melewati sebagian wilayah pesisir Riau itu hari ini.

Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, perairan Riau yang bebas dari ancaman gelombang pasang adalah perairan Rokan Hilir, Dumai dan sebagian Bengkalis.

Sementara perairan Selat Melaka yang berhadapan langsung dengan perairan pesisir Riau juga mengalami gelombang tinggi antara 1,5 meter hanya 2,5 meter. BMG Pekanbaru menyatakan perlu menjaga kewaspadaan bagi kapal kecil yang akan melintasi sejumlah perairan Riau, khususnya yang mengalami gelombang pasang tersebut hari ini.(Surya)

Posting Terkait