Sehari Pasca Kunjungan Mendagri, Rupat Menyala Titik Api

511 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sehari pasca kunjungan Mendagri, pulau Rupat yang termasuk pulau terluar Riau telah menyala titik api hari ini. BMG melaporkan pantauan satelit NOAA 18, Selasa (18/03) pukul 14.00 WIB telah menangkap titik api di Sumatera Selatan termasuk Riau yakni di Pulau Rupat hari ini. 

Hasil tangkapan NOAA 18 menyatakan adanya nyala titik api di Pulau Rupat tersebut sebanyak dua titik. Sedang di wilayah Sumatera Selatan juga menyumbangkan satu kobaran titik api. Meski curah hujan relatif tinggi di pulau Andalas ini, namun BMG Pekanbaru memprediksi curah hujan ini sangat rentan terjadi di wilayah Sumbar dan Sumatera Utara hingga akhir Maret ini.

Sedang wilayah provinsi lainnya, termasuk Riau, keadaan hujan relatif rendah dibanding dua provinsi tersebut. Namun BMG menyatakan volume hujan di Riau secara umum batas minimalnya berada pada standar normal hingga diatas normal. Temperatur rata-rata Riau umumnya minimal sekitar 22-24’C dan maksimum berkisar 30′-33’C.

Laporan titik api khusunya wilayah Riau hari ini cukup mengejutkan. Pasalnya, laporan BMG yang dicatat RiauInfo sejauh ini sangat jarang terdapat di pulau Rupat tersebut titik api. “Pantauan satelit mendapatkan titik api berada di Rupat ini sama halnya dengan nyala titik api di daerah lain, nggak ada bedanya,”ujar Ardhitama dari BMG Pekanbaru menjawab RiauInfo.(Surya)

Posting Terkait