Sebentar Lagi Masyarakat Meranti Bakal Bermobil ke Malaka

555 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tahun 2012 mendatang masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti bakal bisa menggunakan mobil untuk berpergian ke Malaka. Hal ini terkait dengan akan dibangunnya Dermaga Roro di Kampung Balak, Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti.


Untuk merealisasi pembangunan dermaga roro itu, kemaren tiag pancangnya sudah dipancangkan sebagai tanda dimulainya proyek senilai Rp45,2 miliar tersebut. Pemancangan tiang pancang langsung disaksikan Pejabat Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Syamsuar MSi dan Kepala Dinas Perhubungan Riau, Drs Ruslaini Rachman.

Selain bisa bermobil ke Malaka, dengan adanya dermaga roro ini nantinya masyarakat Meranti telah bisa sampai ke Pekanbaru, Siak, dan sebagainya. “Selama ini hal itu hanya mimpi saja. Tapi dengan adanya dermaga roro, mimpi tersebut akan menjadi kenyataan,” ungkap Syamsuar.

Dia menyebutkan, seharusnya pada 2009 lalu jalan pendukung operasional roro Kampung Balak-Mengkapan telah tuntas dibangun oleh Pemkab Bengkalis. Tapi karena pada 2008 Bengkalis tak lagi menganggarkan dana untuk pembangunan jalan tersebut, jadilah pembangunan jalan sampai ke Desa Mengkikip tersebut terputus.

Sementara itu Kadis Perhubungan Riau, Ruslaini Rachman mengatakan pembangunan pelabuhan roro di Kampung Balak ini dibiayai APBN sejak 2007 sapai dengan 2010 mendatang dengan total dana Rp45,2 miliar. Hingga 2010 ini total dana yang sudah dialokasikan adalah sebesar Rp16,3 miliar.(ad)

Posting Terkait