SATU KALI LAGI PEMBAHASAN… Besaran ONH Paling Lambat 1 Juli 2009

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketentuan besaran Ongkos Naik Haji (ONH) 2009 masih menunggu satu kali pembahasan lagi antara Departemen Agama (Depag), DPR RI, pemerintah dan maskapai penerbangan. Agenda pertemuan yang akan melanjutkan bahasan rencana kenaikan ongkos haji sekitar 84 US Dolar tersebut akan berlangsung pada 15 Juni 2009 mendatang.

“Jadi Depag telah mengajukan kenaikan ONH sekitar 84 US Dolar dalam pembahasan dengan pemerintah, DPR RI Komisi 8 dan pihak penerbangan bebrapa waktu silam. Sehingga ada yang harus dikonversikan untuk mencari jalan yang efektif dan efisien untuk kenaikan tersebut yang sesuai dengan fluktuasi nilai tukar uang nantinya,”ungkap Kepala Bidang Haji dan Zakat Depag Riau Jalaluddin menjawab RiauInfo Jumat (12/6/09) di Pekanbaru.

Menurut Jalaludin, kebijakan ONH akan lahir selambat pada 1 Juli 2009 mendatang setelah pertemuan pada 15 Juni 2009 dimaksud. Prosesnya usai pertemuan dan dispakati oleh Depag, DPR RI dan [penerbangan, maka hasil kesepakatan tersebut akan diserahkan kepada presiden yang selanjutnya diharap akan disahkan melalui Peraturan Presiden. Sebagai tambahan, ONH tahun silam sekitar 32.000 US Dolar.

Sedikitnya ada beberap poin penting yang akan dibahas untuk meringankan kenaikan ONH tahun ini, dimana upaya ini berupa konversi dana kenaikan ONH kepada kebutuhan haji di lapangan. Seperti dana makanan di Medinah dibebankan kepada dana optimalisasi, bea kendaraan dari Jedah ke bandara, bea makan jamaah sakit dan dana adnminstrasi nasional jamaah haji sekitar Rp.401.000.

“Upaya konversi ini merupakan usulan yang sudah mendapat tanggapan positif dari DPR RI dan pihak terkait dalam pertemuan pertama silam. Sehingga hal ini akan dikuatkan lagi menjadi bahan pertimbangan bagi presiden untuk mengeluar Perpres nantinya. Tapi paling lambat 1 Juli mendatang ONH akan ditetapkan presiden mengingat agenda yang padat dalam Pemilu ini,”ungkap Jalaludin.(Surya)

Rizki: