Satu JCH Bengkalis Asal Mandau Batal Berangkat

582 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bupati Bengkalis H Syamsurizal membenarkan jika salah seorang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau batal berangkat ke tanah suci. 

“Sesuai keterangan yang disampaikan Kepala Kantor Departemen Agama Bengkalis, penyebab batalnya keberangkatan JCH tersebut karena berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan yang bersangkutan hamil,” kata Syamsurizal, kemaren.

Ketika dikonfirmasi, Pj Kepala Kantor Departeman Agama (Depag) Bengkalis, Abdul Munir membenarkan hal itu. Dikatakan Munir, sesuai prosedur, sebelum berangkat ke tanah suci, seorang JCH harus diberi suntikan vaksin mangites.

Vaksin mangites ini berfungsi untuk mencegah penyakit radang otak selama di tanah suci. Namun bagi JCH yang hamil, tidak bisa diberikan vaksin tersebut. Sehingga tidak dibenarkan untuk berangkat ke tanah suci.

”Orang yang hamil tidak bisa diberi suntikan vaksin mangites, karena bisa berpengaruh pada kehamilannya. Sementara setiap JCH wajib beri vaksin itu. Kalau tidak, berarti tidak dibenarkan berangkat ke tanah suci,” kata Munir.

Sementara itu Jumat pagi (14/11), sebanyak 225 JCH asal kecamatan Mandau dan Pinggir telah bertolak ke Kota Batam. Mereka berangkat melalui jalur transportasi laut dari pelabuhan Kota Dumai dengan menggunakan KM Dumai Express.

JCH asal Mandau dan Pinggir ini tiba di pelabuhan Sekupang Batam Jum’at siang, sekitar pukul 14.15 Wib. Dari pelabuhan Sekupang ini mereka langsung bertolak ke asrama haji Batam.

Mereka tiba di asrama haji Batam sekitar pukul 16.00 Wib. Di asrama haji Batam ini, JCH asal Mandau dan Pinggir ini bergabung dengan JCH asal Kabupaten Indragiri Hilir yang sama-sama tergabung Kelompok Terbang (Kloter) 11.

Selama di asrama haji Batam, para JCH ini menjalani pemeriksaan kesehatan dan pembagian biaya selama di tanah suci yang jumlahnya sekitar 1.500 Rial Arab Saudi.

Pada Sabtu siang, setelah dilepas secara resmi Pemerintah Provinsi Riau sekitar pukul 14.30 Wib, maka sesuai jadwal, para JCH yang tergabung pada Kloter 11 ini bertolak ke tanah suci melalui embarkasi Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada pukul 18.25 Wib.

Sementara itu, 279 JCH asal sebelas kecamatan di kabupaten Bengkalis tergabung dalam Kloter 13 baru akan bertolak ke Kota Batam pada Minggu pagi (16/11). Selama di Batam mereka akan bergabung dengan JCH asal Kota Dumai.(ad/rls)

 

Posting Terkait