SATU DIDUGA SUSPECT Riau Masih Siaga Satu

729 views

Pekanbaru – Sampai saat ini Riau masih berstatus siaga satu terhadap kasus flu burung, terlebih lagi saat ini di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru sedang dirawat seorang pasien yang diduga suspect flu burung.


Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang ditemui Riauinfo, Jumat (15/12) mengatakan, sampai saat ini status siaga satu kasus flu burung di Riau belum dicabut, terlebih lagi sudah delapan kabupaten/kota di Riau yang dinyatakan positif tertular virus yang sangat berbahaya ini.

“Status siaga satu kita terhadap flu burung belum dicabut, saya minta masyarakat senantiasa waspada mengikuti petunjuk dan senantiasa menjaga kesehatan,” ujar gubernur.
Pihaknya, tambah gubernur meminta seluruh intansi terkait khususnya dinas peternakan dan dinas kesehatan mengambil langkah-langkah antisipasi, terlebih lagi bila ada masyarakat yang diduga terkena virus flu burung.

Di Riau saat ini sudah delapan kabupaten/kota yang dinyatakan positif flu burung, masing-masing Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi dan Kampar. Sementara tiga kabupaten lainnya yakni Pelelawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir masih dinyatakan aman.

Sebelumnya Kadisnak Riau Marzuki Husin meminta masyarakat untuk sementara tidak memelihara unggas sampai kondisi Riau betul-betul aman dari virus flu burung. Upaya dan langkah-langkah strategis sudah dilakukan pihaknya agar wabah flu burung di Riau tidak semakin mewabah.

Setakat ini kasus peredaran flu burung di Riau penyebarannya baru sebatas antar unggas, sedangkan peredaran pada manusia baru sebatas dugaan.

Saat ini di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru seorang pasien yang diduga suspect flu burung sedang menjalani perawatan, pasien itu bernama Fachrul Rozi yang berasal dari kabupaten yang berjuluk Serambi Mekkah-nya Riau Kampar.

Posting Terkait