Rusli Zainal Sampaikan Orasi Ilmiah

835 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Rabu pagi (13/6) tadi menjadi hari cukup istimewa bagi HM Rusli Zainal. Sebab hari ini, Gubernur Riau itu diwisuda menjadi Magister Profesional (MP) di Kampus IPB Dermaga Bogor. Dia diwisuda setelah 28 Mei lalu berhasil lulus dalam ujian Magister Profesional (MP) pada program pasca sarjananya. 

Bahkan yang lebih istimewa lagi, usai wisuda itu Rusli Zainal didaulat menyampaikan orasi ilmiah di hadapan para wisudawan dan civitas IPB. Dalam kesempatan itu dia berpendapat bahwa upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) membutuhkan waktu yang panjang dan biaya besar.

Makanya dia sangat mendukung alokasi dana pendidikan 20 persen seperti yang termaktub dalam UU Sisdiknas. “Alokasi dana 20 persen itu harus segera direalisasi agar SDM di Indonesia bisa segera ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan yang kita alami,” jelasnya.

Rusli juga memaparkan kondisi di Riau yang dikenal sebagai daerah kaya, tapi banyak penduduknya hidup di bawah kemiskinan. Kemiskinan yang terjadi di Riau timbul karena berbagai sebab, diantaranya rendahnya SDM. “Karena itu bidang pendidikan menjadi perhatian utama kami saat ini,” tambahnya lagi.

Acara wisuda ini dihadiri sejumlah pejabat dari Riau, diantaranya Kabiro Keuangan provinsi Riau Teungku Razmara, Kadisdik HM Wardan, Asisten II Herliyan Saleh, Asisten III Mardjohan Jusuf, Kabiro Pemerintahan dan Humas T. Khalil Jafar,Kadispora Abdul Lapiz, Kepala BADP Ramli Walid, Kepala Bappeda Emrizal Pakis, Kadis Pariwisata Seni dan Budaya Jhoni Irwan, mantan Danlanud Bonar Hutagaol, Kepala Perwakilan Rusli M.

H Mulyadi, kontribusi RiauInfo di Bogor melaporkan, selama acara wisuda Rusli Zainal didampingi istri tercintanya, Septina Primawati dan kedua orangtuanya. Tampak jelas wajahnya berseri-seri. Seusai wisuda berbagai acara lainnya telah menunggu, diantaranya meresmikan asrama mahasiswa Riau di Bogor.(Ad)

Posting Terkait