Rusli Zainal Sampaikan Hormat Takzim ke Pendahulu Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – “Momen Ulang Tahun Emas semakin mempertebal kesadaran historis kita semua, untuk menyampaikan hormat takzim dan terima kasih kepada pendahulu kita yang gigih berjuang dan berhasil melahirkan Provinsi Riau tercinta. Berkat jerih dan juang merekalah, Riau lahir sebagai provinsi dan dapat dibangun oleh anak negeri sendiri,” kenang Gubernur Riau, Rusli Zainal, saat peringatan HUT Emas Riau.

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Emas Provinsi Riau berlangsung Kamis (9/8), dengan rangkaian upacara di halaman Kantor Gubernur Riau, Pekanabru.

Sejumlah pejabat Provinsi Riau seperti, Ketua DPRD Riau, drh.H.Chaidir,MM, Wakil Gubernur Riau Wan Abu Bakar, anggota Muspida Provinsi Riau, Sekdaprov Riau, Asisrten, Kepala Kantor Wilayah, Kepala Dinas/Badan di Lingkungan Provinsi Riau, tokoh masyarakat, Pemuka Adat, Alim Ulama, Pimpinan Perguruan Tinggi, Cerdik Pandai, Cendikiawan, Budayawan, Seniman, Pimpinan BUMN dan BUMD, para Pelaku Dunia Usaha, Tokoh Pemuda, LSM, Insan Pers menghadiri upacara ini.

Gubernur Riau, HM.Rusli Zainal, dalam sambutannya mengatakan, Bersempena Hari Ulang Tahun ke 50 Provinsi Riau, Kita Bulatkan Tekad Untuk Mengentaskan Kemiskinan, Kebodohan dan Ketertinggalan Infrastruktur dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan Visi Riau 2020″.

Tema yang penuh makna ini mengajak kita semua untuk saling bahu membahu, bersebati sehati bersama-sama membangun, demi menggapai kemajuan dan kesejahteraan negeri, sebagaimana yang diamanatkan oleh para pejuang yang melahirkan Riau sebagai Provinsi mandiri.

Seterusnya kata gubernur, dalam usia setengah abad ini , Provinsi Riau telah berhasil meraih kemajuan demi kemajuan, yang kesemuanya adalah pertautan mata rantai proses pembangunan dari zaman ke zaman. Memelihara dan mensyukuri apa yang telah ada adalah keharusan, dan upaya meningkatkan serta mengupayakan yang belum ada adalah suatu kewajiban dan tuntutan.

Namun optimisme dan patriotisme telah terpatri dalam ungkapan “Ulang Tahun Emas”, yang merupakan simbol sebuah cita-cita untuk mencapai kualitas nan tinggi dan mulia. Emas bak sebuah isyarat akan datangnya Riau yang gemilang, cemerlang dan terbilang. Ini tentu saja bukan cita-cita.

Kata Rusli, mensyukuri apa yang telah mereka sumbangkan adalah sebuah keniscayaan, melanjutkan pembangunan Riau ke depan adalah kewajiban dan amanat yang harus kita laksanakan. Tugas para pendiri selesai sudah, sebagian dari mereka sudah berada di alam barzakh, menyaksikan generasi penerusnya berkiprah.

Membangun Riau menjadi negeri yang maju dan berjaya sesungguhnya adalah warisan kultural dari generasi-generasi Melayu dahulu kala. Beberapa abad nan silam, leluhur Melayu telah berjaya menjadikan Riau negeri yang disegani di kawasan Selat Malaka, karena kekuatan ekonomi dan kecemerlangan budaya melayunya.(Surya)

 

Rizki: