Rumbai Pemasok Pepaya ke 4 Kabupaten/Kota di Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Potensi pertanian Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, ternyata sangat menjanjikan. Buktinya saat ini Rumbai telah tercatat sebagai pemasok buah pepaya untuk tiga kabupaten/kota di Riau, yakni Pekanbaru, Dumai, Pelalawan dan Siak.

“Dalam sehari kami memproduksi buah pepaya dari berbagai jenis sebanyak 20 ton. Buah-buah pepaya itu tidak hanya dipasok untuk kota Pekanbaru saja, tapi juga ke Dumai, Pelalawan dan Siak,” ungkap Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan Rumbai, Purwo Hadi Subroto.

Dia mengatakan, saat ini luas lahan perkebunan pepaya di Rumbai sudah mencapai 300 hektar dengan jumlah petani sebanyak 600 orang. Setiap petani memiliki luas lahan beragam, hanya hanya setengah hektar dan ada pula mencapai 2 hektar.

Ada beberapa jenis pepaya yang ditanam di Rumbai, diantaranya jenis lokal, jenis pepaya Hawai, pepaya Bangkok dan jenis pepaya California. “Untuk pepaya jenis Hawai, Bangkok dan California kami produksu untuk dijual di supermarket-supermarket,” ujarnya.

Purwo mengatakan meski produksi pepaya terus berlimpah namun harga jualnya tetap bagus. Untuk harga pepaya jenis lokal dijual dengan harga Rp1.500 perkilogram. Sedangkan jenis pepaya luar dijual dengan harga antara Rp3.000 hingga Rp6.000 perkilogram.(ad)

 

Rizki: