Rp.3 Triliun Lebih Disediakan Bagi Kebutuhan Lebaran

553 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebutuhan uang tunai menejalng lebaran kian meningkat di Riau. Kebutuhan uang tunai meningkat dipicu oleh kebiasaan masyarakat menggunkan uang tunai menghadapi lebaran juga meningkat. Kantor Bank Indonesia (BI) Pekanbaru menyediakan uang tunai hingga Rp.2 triliun lebih setiap musim lebarab per tahunnya. BI Pekanbaru telah menyediakan sedikitnya Rp.3 triliun untuk melayani kebutuhan uang tunai dalam pekan ke dua ramadan 2009 ini.

BI Pekanbaru menilai persedian uang tunai Rp.3 triliun saat ini akan mengalami peningkatan mencapai Rp.6 triliun hingga hari raya nanti.

Pimpinan Bank Pekanbaru Wiyoto mengatakan, peningkatan kebutuhan uang tunai juga terjadi akibat lounchingnya pecahan Rp.2.000 baru-baru ini di Pekanbaru. Sedangkan kebutuhan uang untuk perbankan hingga ke daerah Riau lainnya juga meningkat pada waktu ramadan hingga lebaran.

Sedikitnya BI Pekanbaru mencatat telah melayani kebutuhan uang cash senilai Rp.280 miliar untuk perbankan Pekanbaru. Sedangkan sekitar Rp 20 miliar disediakan untuk melayani penukaran bagi kalangan umum. Sehingga BI Pekanbaru telah mencatat kebutuhan uang cash mencapai Rp.300 miliar hingga saat ini.

Akibat meningkatnya kebutuhan uang tunai, BI Pekanbaru menambah pelayanan penukaran uang tunai menjadi 2 stand bagi kebutuhan masyarakat. Stan ini melayani kebutuhan penukaran uang tunai dari pecahan Rp 500, Rp 1000, Rp 2000, Rp 5000 hingga pecahan Rp 10.000.

Kebutuhan uang tunai meningkat pada ramadan hingga lebaran telah menjadi kebiasaan di sejumlah daerah, termasuk di Riau. Faktor yang meningkatkan volume uang tunai di tengah masyrakat terjadi akibat sejumlah perusahaan yang membayar THR, pemerintahan dan pihak swasta lainnya dalam menghadapi hari raya.(Surya)

Posting Terkait