RP.3 MILIAR SETIAP KECAMATAN… Realisai PNPM Capai 70% Pada 2009

PEKANBARU (RiauInfo) – Program PNPM Mandiri yang terus bergulir telah mengalokasikan anggaran Rp.3 miliar untuk setiap kecamatan di seluruh Indoneisa. Pemerintah menyatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri telah merealisasikannya hingga 70% dari total kecamatan nasional. Program ini mempunyai target realisasi PNPM Mandiri akan menyentuh seluruh kecamatan nasional pada 2015 mendatang.

Kepala Bidang Perkonomian Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) RI, H.Agus Salim mengatakan, kendala utama yang sering dijumpai untuk pelaksanaan PNPM adalah tingkat pemahaman masyarakat terhadap program ini. Sehingga pelaksanaan dasar untuk membentuk kelompok PNPM di sebuah desa atau kecamatan sulit terbentuk.

Menyadari hal tersebut, Depkominfo sebagai salah satu tim pengendali PNPM Mandiri terus melakukan sosialisasi secara berkla dan terprogram sesuai dengan alokasi anggaran. Agus Salim menyatakn hal tersebut dalam acara sosialisasi PNPM di gedung RRI, Rabu (24/6/09) ini di Pekanbaru. Panitia mengundang sedikitnya 80 peserta perwakilan masyrakat seperti LSM, mahasiswa, kalangan dinas dan badan serta perwakilan tokoh masyrakat lainnya. Untuk meluaskan informasi sosialisasi, acara dialog PNPM ini juga disiarkan langsung oleh RRI Pekanbaru.

“Kita harap hal ini dapat diinformasikan kepada hadirin yang tidak hadir atau yang tidak sempat mendengar acara ini. Karena PNPM merupkan program yang berorientasi kepada pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran. Sehingga acara sosialisasi ini juga bermaksud untuk koordinasi berbagai program pendukung lainnya dari pemerintah daerah setempat,”ungkap H.Agus Salim.(Surya)

Rizki: