RM Yamin: Disbudsenipar Minta Pemprov Buat Perda

638 views
news2265PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Kepala Dinas Kebudayaan, Seni dan Pariwisata (Disbudsenipar) Riau, RM Yamin meminta kepada Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) untuk dapat membuatkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang mensosialisasikan kebudyaan melayu ketengah masyarakat Riau sejak dini. Pasalnya, selama ini kebudayaan melayu belum ada payung hukumnya. Perlukah itu?

“Ya, saya rasa hal itu perlu. Karena selama ini untuk mensosialisasikan kebudayaan melayu sulit ditemukan. Karena tida ada payung hukum dibelakangnya,” ungkap Yamin dalam sambutannya pada acara Diskusi Panel Budaya Melayu PWI Riau di Aula RCI, Pekanbaru, Rabu (5/9).

Menurut Yamin, disamping membuat ranperda tersebut. Saat ini kebudayaan melayu harus disosialisasikan sejak dini. Dengan masuknya kebudayaan melayu dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah. Sehingga kebudayaan melayu itu dapat tertanam dihati masyarakat sejak dini.

“Itulah yang harus dilaksakan, agar masyarakat dapat mengaplikasikan dalam kehidupan pribadi, berumahtangga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga budaya melayu telah tercermin dan dikenal masyarakat luas,” pintanya.

Selain itu, kebudayaan melayu masuk dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah. Jika tak ada aral melintang, Disbudsenipar akan berencana membenahi satu persatu Museum Sang Nila Utama. Karena museum itu adalah suatu objek yang ada di Riau (Pekanbaru).

“Karena selama ini, saya perhatikan Museum tak ada daya tarik sama sekali. Oleh karena itu, jarang dikunjungi oleh Turis dan orang pendatang ke Riau. Mudah-mudahan dengan adanya pembenahan Museum Sang Nila Utama ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung,” katanya mengakhiri. (Dd)

 

Posting Terkait