Ritual Bakar Tongkang Akan Diawali Lomba Sampan Kotak

732 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perayaan ritual Bakar Tongkang di Bagansiapi-api (Rokan Hilir) yang akan berlangsung Senin (28/6) mendatang dipastikan akan lebih meriah dibandingkan sebelumnya. Pasalnya sebelum acara ritual bakar tongkang itu, akan diawali lomba sampan kotak.


Lomba sampan kotak ini akan diikuti sebanyak 71 peserta yang berasal dari para nelayan di Kepenghuluan Pulau Halang, Kecamatan Kubu. Seluruh peserta mengikuti lomba ini yang dipusatkan di Sungai Rokan, Batu Enam, Kepenghuluan Bagan Punak. Mereka diberi dana sebesar Rp5 juta untuk menghias sampannya.Kepala Dinas Periwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Rokan Hilir, Ir H Tarmizi Madjid mengatakan, lomba sampan kotak ini nantinya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Ir Fadel Muhammad dan dihadiri Gubernur Riau HM Rusli Zainal dan unsur muspida Riau lainnya.

Penilaian yang akan dilakukan ke masing-masing peserta adalah kecepatan dan keindahan. Jika sampan kotak salah satu peserta cepat sampai ke finish dan memiliki keindahan yang menarik, maka pesertanya berhak mendapatkan gelar juara pertama.(ad)

Posting Terkait