Ribuan Unggas di Pelalawan dan Inhil Dimusnahkan

802 views

Pekanbaru – Mengantisipasi semakin mewabahnya flu burung, di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu dilakukan pemusnahan ribuan unggas. Sebelumnya di Kabupaten Kampar juga dilakukan hal yang sama.

Kasubdin Ternak Unggas Dinas Peternakan Riau Rondang Nayati kepada wartawan mengatakan di kabupaten Pelalawan dan Inhil tercatat sekitar 1520 ekor unggas dimusnahkan. Sementara untuk kabupaten Kampar belum diterima laporannya.

Walau begitu Rondang memperkirakan jumlah ternak unggas yang akan dimusnahkan di Provinsi Riau sekitar 20.650 unggas.

Rondang juga menyampaikan dari hasil pengambilan 65 sampel pada ternak unggas yang dilakukan baru-baru ini, hasilnya positif flu burung.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi unggas. Pastikan terlebih dahulu keamanan dan kesehatan unggas. Bila menemukan hal yang ganjil tentang unggas itu, supaya dilaporkan secepatnya kepada instansi terkait.

Selain pemusnahan unggas, langkah antisipasi lain yang dilakukan adalah melakukan pemantau yang ketat terhadap jalur transportasi baik darat, laut maupun udara. Dan peliharaan unggas-unggas yang masih terbilang aman dengan flu burung terus dilakukan test kesehatan secara kontinyu.(re)**

 

Posting Terkait