Ribuan Umat Islam Bengkalis Saksikan Pawai Idul Adha

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1429 H/2008 M, Ahad malam (7/12) lalu, ribuan umat Islam memadati sejumlah ruas jalan di Kota Bengkalis. Mereka menyaksikan pawai takbir dan lomba kendaraan hias yang diselenggarakan untuk dan memeriahkan hari raya kurban tersebut. 

Pawai takbir yang mengambil rute jalan Jend A Yani, Jend Sudirman, HOS Cokroaminoto, Hang Tuah, Sultan Syarif Kasim dan kembali lagi ke Jalan Jend Sudirman serta finish di tempat start di Lapangan Tugu Bengkalis, secara resmi dilepas Bupati Bengkalis, H Syamsurizal.

Turut mendampingi Syamsurizal melepas pawai yang diikuti jemaah dari 16 mesjid, 12 mushalla 12 serta para pelajar dari 7 SLTP dan 9 SLTA di kota Bengkalis dan sekitarnya itu, diantaranya Kapolres Risyapuddin Nursin, Kajari Ersywo Zaimaru dan Ketua Pengadilan Negeri R Matras Supomo. Kemudian, Asisten I H Burhanuddin, Asisten II H Mukhlis dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Bengkalis, tokoh masyarakat dan pemuka agama.

Diiringi gema takbir, tahlil dan tahmid yang saling bersahutan dari peserta pawai, pelepasan pawai takbir yang menampilkan berbagai kreasi kendaraan hias yang berkaitan dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha itu, ditandai dengan pemukulan beduk oleh Syamsurizal.

Sementara itu, sejumlah warga masyarakat yang berhasil diminta komentarnya mengatakan, dibandingkan pawai Idul Adha tahun lalu, pawai takbir Idul Adha 1429 H ini, tidak kalah meriah.

“Pawai takbir Idhul Adha tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian pula materi yang ditampilkan, selain lebih bervariasi, juga lebih kaya dengan pesan-pesan yang berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha,” kata Dewi, yang mengaku berdomisili di Jln Wonosari Tengah, Desa Wonosari.

Untuk kategori mesjid, adapun peserta pawai terbaik sebagaimana diumumkan panitia pelaksanaa sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha di mesjid Istiqomah adalah mesjid Istiqomah Bengkalis. Sedangkan terbaik II dan III diraih mesjid Sabilillah Desa Pedekik dan mesjid Jami’atul Khair Desa Penampi. Sedangkan Harapan I, II dan III diraih mesjid Nurul Huda Kelurahan Rimba Sekampung, mesjid Raya Kelurahan Damun dan mesjid Al-Kautsar Kelapapati Darat Desa Kelapapati.

Untuk kelompok jemaah mushalla, terbaik I, II dan III diraih mushalla Al-Hilal Pedekik Desa Pedekik, mushalla Hang Tuah Kelurahan Bengkalis Kota dan mushalla Nurul Husna Sri Pulau Kelurahan Bengkalis Kota. Sementara Harapan I, II dan III diraih mushalla Ar-Rosyidiyah Kelurahan Damun, mushalla Nurul Hidayah Desa Senggoro dan mushalla Al-Mujahidin Desa Penampi.

Di kelompok pelajar SLTA juara terbaik I MAN Bengkalis. Sedangkan terbaik II dan III diraih SMUN 2 Bengkalis dan SMUN 1 Bengkalis. Sedangkan serta Harapan I, II dan III diraih MA YPPI Bengkalis, SMKN 2 Bengkalis dan MA Ar-Rosyidiyah Desa Sungai Alam.

Sedangkan untuk tingkat SLTP, terbaik I direbut SMP Al-Amin Bengkalis. Sementara terbaik II dan III diraih MTsN Bengkalis dan SMPN 1 Bengkalis. Sedangkan SMPN 4 Bengkalis, MTs Ar-Rosyidiyah Desa Sungai Alam, dan MTs Al-Huda Penampi keluar sebagai Harapan I, II dan III.(ad/rls)

Rizki: