Riaupulp Tetap Komit Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

678 views

PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – Berbagai permasalahan yang sedang dihadapi PT. Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) akhir-akhir ini, tidak mengurangi komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. 

Cobaan ini telah menjadikan Riaupulp semakin teguh dalam komitmennya untuk berbuat lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat Riau khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan serta bagi kemajuan daerah. Sebagai bagian dari masyarakat, Riaupulp menyadari betapa pentingnya arti dukungan masyarakat terhadap kinerja dan kelangsungan hidup perusahaan.

Oleh sebab itu saran, masukan dan kritikan yang sifatnya membangun dari segenap stakeholder khususnya tokoh masyarakat akan dijadikan Riaupulp sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Utama Riaupulp Rudi Fajar yang didampingi Direktur Thomas Handoko dan Deputy Direktur Fakhrunnas MA Jabbar dihadapan puluhan Tokoh Masyarakat Riau yang mengunjungi Riaupulp, Jumat (27/4) kemarin dalam rangka silaturahmi dan berdialog dengan jajaran manajemen.

Lebih lanjut dikatakan Rudi, sebagai salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar di dunia, Riaupulp dalam menjalankan bisnisnya tidak semata-mata hanya mengutamakan faktor keuntungan (profit), melainkan berpegang teguh pada prinsip 3P yang selama ini dianut Riaupulp. 3P ini meliputi People, Planet & Profit.

Artinya, dalam menjalankan bisnis Riaupulp tidak hanya mengutamakan keuntungan akan tetapi juga senantiasa memperhatikan aspek sosial dan lingkungan. Dengan menerapkan konsep 3 P tersebut diharapkan keberadaan Riaupulp dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah, ujarnya.

Dibagian lain, Rudi memaparkan, keseriusan Riaupulp dalam menerapkan bisnis yang ramah lingkungan telah menghantarkan Riaupulp sebagai perusahaan pertama yang berhasil meraih sertifikat Pengelolaan Hutan Tanaman Lestari (PHTL) dari Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI) serta sertifikat hijau (Green Proper) dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk pengelolaan lingkungan.

Selain itu, Riaupulp melalui holding Asia Pacific Resources International Holding Limited (APRIL), sejak 2006 lalu menjadi salah satu partner strategis United Nations for Environment Program (UNEP), badan PBB yang khusus menangani masalah pelestarian lingkungan, dalam menggelar acara Champions of The Earth.

“Semua prestasi ini merupakan wujud dari komitmen Riaupulp sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian besar terhadap upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan merupakan kunci penting dalam bisnis Riaupulp,” tegas Rudi.

Dibalik semua komitmen dan pencapaian tersebut, Rudi mengakui, Riaupulp masih memiliki berbagai kekurangan serta masih jauh dari kesempurnaan. Namun demikian, Riaupulp senantiasa berusaha dan bekomitmen untuk selalu dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Sebagai bagian dari masyarakat, Riaupulp senantiasa membuka diri terhadap kritik, saran dan masukan yang sifatnya membangun agar kedepan Riaupulp dapat menjadi lebih baik lagi sesuai visi perusahaan untuk menjadi salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar di dunia dengan manajemen dan kinerja terbaik serta berkelanjutan, ungkap Rudi.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Riau yang hadir, H Ismail Suko mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat, Riaupulp harus tetap mempertahankan komitmen dan kepeduliannya selama ini dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan Riaupulp hendaknya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah. Apalagi, Riaupulp telah menjadi aset nasional dan daerah. Maju mundurnya Riaupulp tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan komponen stakeholder lainnya.

Ismail menegaskan, jika ada permasalahan yang dihadapi, tokoh masyarakat Riau senantiasa terbuka untuk diajak bertukar fikiran untuk mencari solusi bagi penyelesaian permasalahan yang dihadapi.(Ad)

 

Posting Terkait