Riaupulp Terima Penghargaan Metro TV Award

640 views
news6967JAKARTA (RiauInfo) – Di tengah dampak krisis keuangan global yang melanda semua industri ini, masih terlihat beberapa perusahaan dan pemerintah daerah yang berjuang untuk menunjukkan komitmen mereka dalam mewujudkan MDG’s.

Salah satu diantaranya adalah PT. Riau Andalan Pulp and Paper (Riaupulp), yang mendapatkan apresiasi dari Metro TV MDG’s award, untuk kategori Pengurangan Angka Kematian Balita, di Balai Kartini , Jakarta (29/10/08).

Direktur CSR Riaupulp, Amru Mahalli, dalam sambutannya mengatakan, “Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDGs) membutuhkan upaya dan aksi nyata dari berbagai pihak termasuk perusahaan dan pemerintah daerah (pemda), disamping menjadi tanggung jawab utama dari pemerintah nasional.

Penghargaan ini merupakan anugerah sebagai akibat dari komitmen dan keberpihakan Riaupulp melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat, oleh karena itu Riaupulp mempersembahkan penghargaan ini kepada masyarakat Riau “.

Tujuan Pembangunan Milenium atau MDGs memuat 8 (delapan) sasaran pembangunan yakni menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan, meningkatkan kesehatan ibu melahirkan, mengurangi tingkat kematian balita, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, mempertahankan keberlanjutan lingkungan hidup, dan mengembangkan kemitraan global bagi pembangunan.

Komitmen terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium ini dilakukan oleh Riaupulp melalui kegiatan-kegiatan CSR nya. Kegiatan CSR Riaupulp meliputi Community Empowerment, Care Services (Program Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan), Basic Social Walfare, dan Local Economics and Community Based Business Development.

“Program pengurangan angka kematian balita merupakan program yang terintegrasi dengan program Kesehatan Masyarakat, yang terdiri dari program preventif dan program kuratif dan telah kami jalankan di sekitar 200 desa sekitar daerah operasional perusahaan yang masih belum terjangkau oleh pemerintah. ”, Jelas Amru mengenai usaha Riaupulp dalam mengurangi angka kematian balita

Program Kuratif diterapkan setiap tahun nya dalam bentuk imunisasi kepada balita dan anak dan medical check untuk kesehatan ibu hamil. Dengan adanya program ini, masyarakat semakin mengerti langkah-langkah dan usaha untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sehat.

Dalam Program preventif nya, Riaupulp juga telah bekerjasama dengan UNICEF dalam usaha mencegah terjadinya Flu Burung, yang telah diikuti oleh sekitar 60 orang dari 104 desa di sekitar operasional.

Peran perusahaan sebagai pelaku pembangunan kini kian penting dalam peningkatan kesejahteraan umum serta mendorong transformasi ekonomi, sosial, budaya, dan melayani kepentingan publik yang lebih luas termasuk memastikan kelestarian lingkungan hidup.

Oleh karena itu Riaupulp akan senantiasa meningkatkan perannya dalam mencapai tujuan pembangunan millennium tidak hanya untuk mengurangi angka kematian balita, namun juga secara keseluruhan.(ad/rls)

 

Posting Terkait