Riaupulp Hijaukan Lingkungan Gelora Senayan

783 views
news3057JAKARTA (RiauInfo) – Sebagai wujud kepedulian terhadap upaya pelestarian lingkungan secara nyata, , PT. Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) bekerjasama dengan Kelompok Kompas-Gramedia melakukan penanaman pohon di lingkungan Gelora Senayan Jakarta yang terkenal sebagai pusat lokasi kegiatan olahraga, sosial dan hiburan di Ibukota Indonesia Minggu (11/11) lalu.

Sekitar 1000 pohon yang dikategorikan langka diperoleh saat ini, yaitu mulai dari Beringin, Kepel, Trembesi, Tanjung, Sadeng, Cemara Angin, Sawo Kecik yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia rami-ramai ditanam oleh sekitar 3000 peserta Aksi Hijau Senayan ini. Hadir selain jajaran manajemen Riaupulp juga Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar dan Wakil Gubernur DKI.

Direktur Utama Riaupulp Rudi Fajar yang turut menanam bersama sekitar 50 orang karyawan dan keluarga besar Riaupulp menegaskan, “Riaupulp sangat mendukung aksi hijau positif ini, karena bagi Riaupulp penanaman dan penghijauan adalah hal yang wajib dijalankan. Riaupulp sebenarya pantas disebut sebagai perusahaan plantation atau penanaman, karena tiap tahun menanam 75 juta pohon di area sekitar seluas 60.000 hektar. Ini adalah komitmen serius Riaupulp untuk mencegah kerusakan hutan dan lingkungan sebagai perusahaan terkemuka di dunia yang menghasilkan pulp dan kertas,” ungkap Rudi.

PaperOne adalah merk utama dari kertas yang dihasilkan oleh perusahaan yang baru saja berhasil mempertahankan sertifikat Pengelolaan Hutan Tanaman Lestari dari Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI) maupun sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia yang terpilih menjadi anggota Dewan Bisnis Dunia Bagi Pembagunan Berkelanjutan (WBCSD) dan yang memperoleh penghargaan CSR tingkat Asia dalam bidang Penanggulangan Kemiskinan.

Sertifikasi LEI diberikan untuk areal konsesi Riaupulp sesuai Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.137/Kpts-II/ 1997 seluas 159.500 ha. Sertifikat itu berhasil dipertahankan karena Riaupulp memenuhi kaidah yang ditetapkan LEI dalam mengelola hutan tanaman industri, sebagai bentuk pengelolaan hutan yang lestari. Aspek sosial mencakup hubungan dengan masyarakat serta penanganan perburuhan, aspek lingkungan dinilai dari tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup, dan aspek produksi yang mencakup kelangsungan perusahaan.

Rudi Fajar melanjutkan bahwa semua sertifikat dan penghargaan yang diperoleh Riaupulp merupakan bukti komitmen dalam menjalankan indusri kehutanan yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab. “Ini memastikan bahwa produk dan pengelolaan Riaupulp berasal dari bahan baku yang dikelola secara berkelanjutan mengikuti aturan-aturan hukum yang ditetapkan oleh pemerintah dan dengan secara bijaksana memadukan keseimbangan aspek bisnis, sosial dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan misi yang selalu diingatkan oleh pendiri group ini, yaitu Sukanto Tanoto – yang menekankan bahwa perusahaan harus selalu menekankan etika, tanggung jawab dan budaya profesional dalam semua aspek operasionalnya,” tegas Rudi. (Tony/rls)

 

Posting Terkait