Riaupulp – Dinas Pendidikan Pelalawan Gelar TWOS IV dan KOMPAS II

866 views

news3021PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – PT Riaupulp melalui Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) yang menaungi Sekolah Global Andalan dan Taruna Andalan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan kembali menggelar kegiatan The Wonder of Science (TWOS) IV dan Kompetisi Prestasi Akademik dan Seni (KOMPAS) II tingkat SMP, (09 – 10/11) di SMP Global Andalan Riau Complex Pangkalan Kerinci.

Kegiatan yang diikuti 22 SMP dari Provinsi Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara ini dibuka oleh Bupati Pelalawan diwakili Asisten I Sedakab Pelalawan Drs H Azlin Ismail. Acara tersebut dihadiri Direktur Riaupulp Thomas Handoko, jajaran manajemen Riaupulp, para kepala sekolah, guru, murid dan undangan lainnya.

Bupati Pelalawan HT Azmun Jaafar SH, dalam sambutannya mengatakan, TWOS dan KOMPAS merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pelalawan khususnya dan Propinsi Riau pada umumnya. 

Pelaksanaan kegiatan ini sangat penting dalam rangka mencintai dan menguasai ilmu Science serta menjadikan masyarakat yang berbudaya dan berilmu sekaligus sebagai persiapan seluruh siswa peserta untuk menghadapi Olimpiade Sains tingkat Propinsi Riau dan Nasional bahkan Internasional. Mudah-mudahan acara ini dapat menjadi usaha dalam meningkatkan prestasi akademik dan seni, ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Bupati Pelalawan, kegiatan ini sangat positif dan mendukung pencapaian Visi Kabupaten Pelalawan 2030 serta Tahun Pendidikan dan Pariwisata Kabupaten Pelalawan 2007 mendatang. “Mudah-mudahan komitmen YKCK dan Riaupulp ini dapat terus dipertahankan dalam upaya mendukung dunia pendidikan dan membangun SDM yang berkualitas”, harap Bupati.

Direktur Riaupulp Thomas Handoko mengatakan, pelaksanaan TWOS IV dan KOMPAS II ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Riaupulp dalam dunia pendidikan sekaligus mendukung program pemerintah khususnya Kabupaten Pelalawan dalam bidang pendidikan dan peningkatan kualitas SDM serta mendukung Tahun Pendidikan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Pelalawan 2007 mendatang. 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh siswa untuk mencintai dan mengikuti perkembangan sain dan teknologi, menggali potensi siswa dalam bidang sains dan teknologi serta membiasakan siswa berfikir logis dan ilmiah. “Kegiatan ini bukanlah hanya mencari juara, melainkan sebagai ajang untuk bersaing secara sportif untuk melahirkan SDM berkualitas”, ujarnya. 

Dikatakan Thomas, kegiatan ini bukanlah sekedar kegiatan rutinitas, tetapi melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak bangsa dapat berpacu dalam ilmu dan prestasi. Oleh sebab itu, Manajemen Riaupulp sangat mendukung sepenuhnya kegiatan yang positif ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat melahirkan generasi muda yang handal dan berkualitas, tutur Thomas.

Ketua Panitia Pelaksana Adven Daeli didampingi Manajer YKCK Riaupulp Jansen Yudianto dan PR Manager Riaupulp Nandik Sufaryono menjelaskan TWOS IV dan KOMPAS II ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan YKCK Riaupulp sejak 2004 lalu. Namun mulai tahun 2007 ini, TWOS dan KOMPAS telah dijadikan agenda tahunan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. 

Dijelaskan Adven, TWOS adalah ajang kompetisi bagi siswa-siswi bidang sains baik Fisika, maupun Biologi dan Kimia yang dirakit sedemikian rupa dan sangat erat hubungannya dengan kurikulum yang berlaku. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan sekaligus menjadi sarana untuk menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dimasa mendatang.

TWOS dilakukan dengan tujuan memotivasi siswa mencintai dan mengikuti perkembangan sains dan teknologi. Menggali dan membina potensi dasar yang telah dimiliki siswa serta membiasakan siswa berfikir logis dan ilmiah. Dengan kata lain, TWOS ini merupakan sarana untuk kebersamaan dalam memajukan dunia pendidikan. Sedangkan KOMPAS merupakan ajang untuk peningkatan mutu pendidikan di bidang Akaademik dan Seni melalui kompetisi di bidang Matematika, Kolaborasi Puisi, Debat Bahasa Inggris dan Lomba Tari Daerah, papar Adven.

Dijelaskan Adven, TWOS 2007 ini diikuti 22 sekolah dari Propinsi Riau ( Pelalawan, Siak, Kuansing dan Kota Pekanbaru) dan Sumatera Utara ( Porsea) yang telah memiliki pengalaman dalam bidang kompetisi antar siswa dan sekolah. tahun 2004, TWOS ini hanya diikuti 11 sekolah sedangkan tahun 2005 diikuti 13 sekolah dan tahun 2006 diikuti 21 sekolah. 

Adapun sekolah yang mengikuti TWOS IV ini antara lain SMP Babussalam Pekanbaru, SMP Bernas Pelalawan, SMPN 8 Padang, SMP Bona Pasogit Porsea, SMP Cendana Rumbai, SMPN 1 Pangkalan Kerinci, SMPN 1 Pekanbaru, SMP Santa Maria dan lain-lain, paparnya.

Dijelaskan, teknis perlombaan yang diikuti seluruh peserta dilakukan dengan melalui seleksi tiga tahap yang seluruh tahapannya dinilai tim juri yang diakui pemerintah dan memiliki kapabilitas, integritas, objektifitas dan memahami perkembangan iptek dibidangnya. TWOS 2007 YKCK Riaupulp ini memperebutkan piala bergilir, sertifikat dan uang pembinaan, kata Adven.(Ad/rls)

Posting Terkait