Riaupulp Buka Bersama Dengan Civitas Akademika Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah melakukan acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan unsur muspida, masyarakat dan insan pers di lima kabupaten/kota di Propinsi Riau beberapa waktu lalu, manajemen PT. Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) kembali melakukan kegiatan yang sama bersama komponen civitas akademika dari perguruan tinggi di Propinsi Riau, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (24/9). 

Acara tersebut dihadiri beberapa unsur pimpinan perguruan tinggi antara lain Rektor Unri Dr. H. Ashaluddin Jailil MS, Rektor UIR Prof. H. Hasan Basri Jumin. MA, Rektor UIN Prof. Dr. HM Nazir Karim, MS, pembatu rektor, dosen dan serta ratusan mahasiswa dari berbagai paguyuban mahasiswa dan universitas.

Sedangkan Manajemen Riaupulp yang hadir antara lain Direktur Utama Rudi Fajar, Direktur Operasional Thomas Handoko, Deputi Direktur Operasional Fakhrunnas MA Jabbar, Direktur CSR H Amru Mahalli, Deputi Direktur CSR Riaupulp Dr. Imron Rosyadi , dan lainnya.

Dalam Sambutannya, Rudi Fajar menyampaikan silaturahmi dan berbuka puasa bersama dengan kalangan civitas akademika yang ada di Propinsi Riau adalah agenda rutin yang dilakukan Riaupulp setiap tahun. Acara ini dimaksudkan untuk lebih mempererat jalinan silaturahmi dan komunikasi diantara kedua belah pihak.

Bagi Riaupulp, perguruan tinggi dan komponen mahasiswa adalah mitra perusahaan. Masukan dan pandangan dari civitas akademika sangat diperlukan oleh Riaupulp untuk lebih kedepan. Oleh sebab itu dalam kesempatan yang baik ini, Riaupulp menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh unsur civitas akademika yang ada di Propinsi Riau atas kerjasama yang telah terjalin baik selama ini.

Sebagai salah satu pelaku dunia usaha yang berada di Propinsi Riau, Riaupulp senantiasa berupaya untuk dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di sekitar perusahaan. Agar dapat diterima dan bermanfaat, Riaupulp berupaya melakukan berbagai program pemberdayaan dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar dengan tetap berpedoman kepada praktik-praktik bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Riaupulp menerapkan konsep 3 P (People, Planet and Profit) dalam menjalankan bisnisnya agar keberadaannya dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Artinya, dalam menjalankan bisnisnya, Riaupulp tidak semata-mata hanya mengejar faktor keuntungan semata. Keseimbangan antara faktor sosial kemasyarakatan (people) dengan lingkungan (planet) adalah hal mutlak yang dalam mewujudkan kesinambungan usaha (profit).

Sebagai contoh, jelas Rudi, dalam bidang pendidikan Riaupulp telah mewujudkan kepeduliannya dalam membantu pengembangan Sumber daya manusia (SDM) Khususnya di Provinsi Riau. Riapulp telah menyalurkan ribuan beasiswa mulai dari tingkat SD sampai perguruan Tinggi, bantuan honor guru daerah terpencil, beasiswa ikatan dinas kepada putra terbaik daerah sekitar wilayah operasional perusahaan untuk kuliah di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung, memberikan pelatihan Soft Skill serta bantuan gedung sekolah dan bantuan lainnya yang mendukung pengembangan SDM, jelasnya

Terlepas dari semua itu, kami menyadari bahwa dalam menjalankan usahanya selama ini, Riaupulp tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kekhilafan. Oleh sebab itu, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan kekhilafan yang telah kami lakukan seraya mengharapkan dukungan positif dari segenap lapisan stakeholder perusahaan mulai dari masyarakat, pemerintah, perguruan tinggi, mahasiswa, media, LSM dan komponen lainnya agar kedepan Riaupulp dapat menjadi lebih baik. Tanpa dukungan semua pihak Riaupulp tidak akan dapat menjalankan usahanya dengan lancar, ungkap Rudi.

Kegiatan Safari Ramadhan dalam bentuk silaturahmi dan berbuka puasa bersama seperti ini juga dilakukan Riuapulp bersama stakeholder perusahaan lainnya seperti masyarakat, pemerintah, mahasiswa, perguruan tinggi, maupun LSM yang berada di Propinsi Riau.

Tahun 2008 ini, Riaupulp menurunkan Tim Safari Ramadhan yang akan bersilaturahmi dengan stakeholder perusahaan yang berada di 6 kabupaten/ kota, 42 kecamatan dan 145 desa di Propinsi Riau serta memberikan bantuan untuk anak yatim dan mesjid-mesjid yang akan dikunjungi. Kegiatan ini akan terus dilakukan Riaupulp dimasa-masa mendatang.

Sementara itu perwakilan undangan Rektor Unri Dr. H Ashaluddin Jalil dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Riaupulp yang telah mengundang segenap Civitas Akademika yang ada di Pekanbaru.

“Kami sangat mendukung program yang dilakukan Riaupulp terlebih kepedulian untuk mengembangkan SDM yang ada di Provinsi Riau seperti memberikan beasiswa dan membangun gedung pendidikan. Semoga kedepan kepedulian yang diberikan dapat menjangkau masyarakat daerah terpencil sekaligus dapat memberikan soft skill kepada mereka” harapnya.(ad/rls)

 

Rizki: