Riau Terimbas Banjir Kiriman Sumbar

696 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banjir yang melanda sejumlah daerah Provinsi Riau merupakan banjir kiriman dari provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Keadaan tersebut dipicu oleh masih banyaknya peluang hujan di daerah Sumbar hingga Minggu (13/12/09) ini. Sedangkan wilayah Riau hanya berpeluang hujan ringan dan bersifat lokal dalam dua hari terakhir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, pencitraan satelit menunjukkan intensitas hujan meningkat di wilayah Sumbar menyusul masih adanya selimut awan di daerah tersebut.

Keadaan itu merupakan gejala normal musim hujan yang emmang masih terjadi Desember 2009 ini. Sementara wilayah Riau masih mempunyai pelaung hujan di bagian Selatan yang juga berdekatan dengan wilayah Sumbar.

“Cuaca Riau juga msih termasuk dalam kategori musim hujan. Namun untuk hari ini hujan lebih terfokus di Selatan Riau. Intensitasnya ringan hingga sedang. Peluang hujan terjadi pada siang dan hingga malam hari. Dengan adanya peningkatan hujan di Sumatera Barat, sejkumlah alidaran sungai Riau akan terimbas dari hujan Sumabar tersebut,”terang kepala kantor BMKG Pekanabru Philip Mustamu melalui staf analisa Ardhitama kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait