Riau Terima DIPA TA 2010 Sebesar Rp6,221 T

550 views
 Nampak Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP sedang menerima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) tahun anggaran 2010 dari Presiden SBY di Istana Negara Jakarta, Selasa (5/1). Riau menerima DIPA sebesar Rp.6,221 Triliun.

Nampak Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP sedang menerima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) tahun anggaran 2010 dari Presiden SBY di Istana Negara Jakarta, Selasa (5/1). Riau menerima DIPA sebesar Rp.6,221 Triliun.

JAKARTA (RiauInfo) – Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2010 yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1). Riau kebagian DIPA sebesar Rp.6,221 triliun atau tidak berbeda dengan tahun anggaran sebelumnya.

“Hampir semua daerah menerima DIPA yang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, termasuk juga Riau. Bahkan ada yang lebih kecil,” kata Gubri Rusli kepada pers usai acara.

Gubri tidak merinci kenapa hal itu terjadi. Namun Gubri memastikan bahwa di tahun-tahun mendatang Pemprov Riau akan terus berupaya secara maksimal agar Riau bisa menerima DIPA yang jauh lebih besar.

“Kita masih diuntungkan dengan adanya dana bagi hasil (DBH). Dengan DBH yang kita terima, sebenarnya anggaran yang kita miliki menjadi lebih besar dibandingkan dengan provinsi lain,” terang Gubri seraya menambahkan bahwa DIPA hakekatnya merupakan dana-dana sektoral yang diturunkan ke daerah.

Meski tidak ada penambahan yang berarti dari DIPA yang diperoleh dibanding tahun sebelumnya, Gubri mengaku tetap bersyukur karena dengan anggaran yang selama ini ada, termasuk APBD, Pemprov Riau sudah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Riau. Bahkan

tertinggi di Sumatera dan lebih tinggi dari rata-rata nasional. “Kita tetap bersyukur. Dengan anggaran yang ada kita masih mampu memacu pertumbuhan ekonomi. Bahkan rata-rata kita lebih tinggi dibandingkan nasional,” ucapnya.

Gubri juga mengatakan bahwa dengan anggaran yang ada, Pemprov Riau mampu mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “Jadi kita akan terus pacu pembangunan di Riau dengan segenap kemampuan yang kita miliki,” tekadnya.

Di atas semua itu, Gubri menegaskan bahwa pihaknya akan terus beruupaya melakukan berbagai upaya agar ke depan Riau bisa mendapatkan DIPA yang lebih besar. Sebab, rasanya masih belum sebanding, apa yang disumbangkan Riau ke negeri ini dengan apa yang diterima Riau dari “kue” nasional. “Upaya pasti akan terus kita lakukan,” janji Gubri.(ad/rls)

Posting Terkait