RIAU TERBANYAK… 46 Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumatera

731 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah provinsi kembali menjadi korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pulau Sumatera, Minggu (14/02/10) ini. Meski hanya tercatat tiga provinsi yang mempuntai titik api, namun jumlahnya meningkat dibanding kemarin. Catatan yang menjadi peringatan adalah Provinsi Riau merupakan korban karhutla dengan jumlah titik api terbanyak hari ini.

Berdasar satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), kantor Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) Pekanbaru melaporkan sebanyak 44 titik api berada di wilayah Provinsi Riau.

Ditambah lagi oleh Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bangka Belitung masing-masing dengan satu titik. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan mencapai 46 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini. Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Sanya mengatakan, peluang berkembangnya titik api masih luas terjadi di sejumlah provinsi, termasuk Riau.

Selain semakin berkurangnya peluang hujan, titik api juga akan mudah tumbuh menyusul kian meningkatnya temperatur udara yang mencapai 34 derjat celsius di Riau. Keadaan tersebut tidak jauh beda dengan prosin lain yang menjadi korban karhutla di Sumatera hari ini.(Surya)

Posting Terkait