Riau Siapkan 400 Jenis Souvenir di PON XVIII

696 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk menghadapi pelaksanakaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII bulan September mendatang, sejumlah pengrajin kecil di Riau terus dibina agar bisa menghasilkan souvenir-souvenir yang menarik untuk dipasarkan pada saat PON mendatang.

kepala Balitbang Riau, H Tengku Dahril kepada wartawan mengatakan setidaknya saat ini tidak kurang 400 jenis souvenir telah dikembangkan. Kualitas souvenir-souvenir yang dikembangkan tersebut tidak kalah dengan yang dihasilkan pengrajin di daerah lain.

Dia menyebutkan, untuk menunjang pengembangan industruk kreatif tersebut, pihaknya melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan besar di Riau. Mereka menjadi sponsor bagi para pengrajin yang ingin mengembangkan cenderamata yang telah dihasilkan.

Jadi, menurut Tengku Dahril, tidak ada masalah lagi bagi para pengrajin di Riau yang mendapatkan order dalam jumlah besar, karena modalnya telah disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar tersebut. “Ya mereka akan membantu memodalinya,” ungkap dia.

Tengku Dahril juga menyebutkan, pihaknya sudah ada rencana mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Riau guna menjajaki kemungkinan di Riau akan dikembangkan industri kreatif. Dengan kedatangan menteri, diharapkan akan mampu mendongkrak jumlah orderan bagi para pengrajin souvenir PON Riau itu.(zas)

Posting Terkait