Riau Siap Jadi Tuan Rumah Penyelenggaran Porcanas XIV 2012

812 views

news5995SAMARINDA (RiauInfo) – Pekan olahraga Cacat Nasional (Porcanas) XIII di Samarinda Kalimantan Timur hari ini berakhir. Acara penutupan dihadiri langsung Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault.

Porcanas yang telah terselenggara sejak tanggal 2 hingga 8 Agustus tersebut ditutup langsung oleh Menpora Adhyaksa Dault didampingi Pj Gubernur Kaltim Tarmizi A Karim. Acara penutupan dimulai pukul 16.00 wita ditandai dengan parade seluruh atlit dari 32 provinsi.

Gubernur Kaltim dalam sambutannya mengatakan turut bangga dan merasa senang atas pelaksanaan Porcanas yang dipercayakan kepada mereka. “Kami berusaha untuk membuat event ini sama dengan penyelenggaraan PON XVII kemarin, dan ternyata kegiatan ini sangat meriah,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Adhyaksa Dault kalau kementrian Pemuda dan Olahraga akan terus mendukung prestasi atlit cacat. “Kita tidak pernah membedakan antlit, bila atlit normal diberi bonus Rp. 1 milyar untuk satu mendali emas yang mereka peroleh di tingkat internasional, maka.pada Olimpiade Cacat Internasional 2008 di Beijing nanti, kita akan berikan hak sama,” janji Adhyaksa.

Keluar sebagai juara umum kontingen Badan Penyelenggara Olahraga Cacat (BPOC) Jawa Tengah dengan total perolehan 126 mendali terdiri atas 63 emas, 34 perak dan 29 Perunggu. Disusul Jawa Barat dengan total 105 mendali, 48 emas, 35 perak dan 42 perunggu. Berada ditempat ketiga Kalimantan Timur berhasil mendulang 114 mendali yaitu 40 emas, 32 perak dan 42 perunggu.

Sementara itu Riau menduduki urutan ke 16 dengan total perolehan 21 mendali 4 emas, 6 perak dan 11 perunggu diperoleh dari 5 cabang yang diikuti yaitu renang, atletik, angkat berat, tenis meja dan bulutangkis. 

“Setidaknya Porcanas tahun ini kita mengalami peningkatan perolehan mendali dibandingkan saat Porcanas XII 2004 di Palembang yang hanya memperoleh satu mendali emas saja,” kata Jaya Kusuma, ketua BPOC Riau.

Jaya juga mengatakan kalau perolehan mendali emas dari atlit Riau sudah mencapai target yang diberikan gubernur Riau Wan Abubakar. “Pak Gubernur hanya targetkan 3 mendali emas dari kontingen Riau, namun kita bisa peroleh 4 mendali dan itu merupakan suatu kebahagian dan kebanggaan bagi dapat berjuan untuk Riau meskipun hanya menduduki posisi ke 16,” kata Jaya Kusuma lagi.

Diakhir rangkaian penutupan Porcanas, Gubernur Kaltim secara simbolis menyerahkan Bendera Porcanas kepada kontingen Riau diterima langsung Jaya Kusuma sebagai tanda Riau bakal menjadi tuan rumah bagi penyelenggaran Porcanas XIV 2012 mendatang. 

“Keikutsertaan atlit Riau di Porcanas Kaltim ini bukan saja semata untuk mengikuti pertandingan, tetapi juga menimba ilmu dan pengalaman bagaimana harus menjadi tuan rumah. Ini tidak main-main karena even tersebut bersifat nasiona dan kita akan berusaha melaksankannya sebaik mungkin,” tambah Jaya usai acara penutupan.(ad/*)

Posting Terkait