Riau Siap Harumkan Indonesia di Tingkat Internasional

570 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau siap mengharumkan nama Indonesia ditingkat Internasional. komitmen ini merupakan wujud apresiasi dengan terimanya Bendera Internasional Solidarity Games (ISG) ke III yang diterima Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP dari Putra Mahkota Arab Saudi Prince Nawaf Faisal Fahd Abdul Aziz beberapa waktu lalu.

Bendera ISG yang merupakan bukti simbolis kepercayaan negara OKI dalam pelaksanaan ISG ke III tersebut diarak dari Bandara SSK II ke Kediaman Kantor Gubri. Untuk menyambut momen bersejarah tersebut, Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan penyambutan dan syukuran sebagai wujud suka cita,
Senin (10/10).Hadir dalam syukuran itu, Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP, Ketua DPD RI Irman Gusman, Anggota DPD RI Gafar Usman, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau H Azaly Johan, Tokoh Minang Kabau H Azwar Anas dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau.

Acara syukuran ini, diawali penayangan film dokumenter tentang kesiapan Riau sebagai tuan rumah ISG 2013 mendatang. Dalam film itu digambarkan persiapan pembangunan sejumlah venues yang mendukung pelaksanaan ISG.

Selain itu sarana penunjang seperti perhotelan, restaurant, akses jalan hingga infrastruktur pendukung penunjang. Komitmen Pemprob Riau ini menjadi salah satu perhatian ekstra, karena momen yang akan diikuti oleh 57 negara islam itu diharapkan meningkatkan marwah Riau ditingkat nasional dan internasional.

“Oleh karena itu, pada hari ini patut kiranya kita bersyukur atas ditunjuknya Riau sebagai tuan rumah ISG. Sekaligus saya berharap adanya dukungan dari seluruh masyarakat Riau. Karena ini bukan hanya kebanggan bagi Riau tetapi juga kebanggan untuk masyarakat nasional,” tegasnya.

Gubri menambahkan, kegiatan ISG ke III tahun 2013 mendatang akan diikuti oleh 57 negara dengan 17 cabang seluruhnya dilaksanakan di Riau. Momen prestisius ini merupakan iven yang ketiga kalinya, dimana sebelumnya ISG pernah dilaksanakan di Arab Saudi dan di Iran.

“Ini memiliki entry poin dalam mempercepat program pembangunan daerah. Untuk itu Kita persiapkan sedemikian rupa. Baik untuk sarana maupun prasarana. Sehingga penyelenggaraan akan sukses dari berbagai sektor kehidupan menuju Riau Cemerlang, gemilang dan terbilang,” harapnya.

Sementara Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan kekagumannya terhadap Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP yang telah berupaya menjadikan Riau sebagai tuan rumah ISG. Untuk itu dia menyarankan agar persiapan dan koordinasi dilakukan secara optimal, sehingga target sukses dalam pelaksanaan dapat tercapai.

“Hari ini jauh luar biasa, Karena ISG bukan hanya kebanggaan masyarakat Riau tetap juga kebanggaan nasional. Kita tentunya akan mendukung dan siap mendorong Pemerintah Pusat agar mensuport penyelenggaraan iven yang akan memberikan multiplayer efek. Baik dari sektor sosial hingga sektor ekonomi,” ujarnya.

Ketua Lembaga Adat Melayu Riau H Azaly Johan menegaskan suatu kebanggaan yang luar biasa atas dipercayakannya Riau sebagai tuan rumah ISG. Apalagi even ini, diikuti oleh 57 negara Islam (OKI) di dunia. “KIta hendaknya menjadi tuan rumah yang baik dan santun. Untuk itu tetap mempertahankan budaya melayu sebagai cerminan dari islam,” tuturnya.(zas/rls)

 

Posting Terkait