Riau Siaga Satu Banjir

790 views

Pekanbaru – Banjir yang melanda enam kabupaten di Riau saat ini membuat status siaga dua yang ditetapkan Badan Kesejahteraan Sosial (BKS) Riau ditingkatkan menjadi siaga satu. Petugas BKS akan siaga 24 jam guna membantu masyarakat yang terkena musibah banjir ini.


Kepala BKS Riau kepada Riauinfo di Pekanbaru, Sabtu (23/12) mengatakan, saat ini sebanyak enam kabupaten dilanda banjir yang cukup mengkhawatirkan. Enam kabupaten tersebut adalah Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil), Kampar, Indragiri Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing) dan Pelelawan.

Banjir yang cukup parah saat ini terjadi di tiga kabupaten masing-masing di Kabupaten Rohul, Rohil dan Kampar. Ketinggian air di Kabupaten Rohul mencapai tiga meter. “Tiga kabupaten itu ketinggian air cukup mengkhawatirkan. Bahkan dari Rohul saya dapat laporan ketinggian air saat ini mencapai tiga meter,” tuturnya.

Disebutkannya, saat ini posko pengendalian banjir yang dibentuk BKS akan siaga 24 jam dan siap diterjunkan kapan saja jika memang dibutuhkan.

Menjawab berapa jumlah rumah warga yang, ia belum bisa mengatakan, karena laporan dari masing-masing kabupaten belum diterimanya. “Jumlahnya saya belum tahu persis, karena sampai saat ini saya belum menerima laporan dari masing-masing kabupaten,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan bantuan makanan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir ini, masing-masing disalurkan melalui pemda setempat. Besarnya bantuan yang diberikan bervariasi melihat parah tidaknya kondisi banjir yang melanda masing-masing daerah.

“Per kabupaten ada yang menerima 10 ton beras dan ada yang lima ton, kita melihat parah tidaknya kondisi banjir di daerah-daerah itu,” tuturnya.

 

Posting Terkait