Riau Punya Daya Tarik Bagi Para Investor

573 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Riau memiliki daya tarik bagi para investor, baik dalam maupun luar negeri. Ini dapat dilihat dari banyaknya investor menanamkan modalnya di Riau sehingga pada tahun 2009 lalu Riau berada di peringkat kelima nasional.


Peringkat kelima terbesar nasional Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) da Penanaman Modal Asing (PMA) itu berdasarkan data Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMD) Riau. Daerah-daerah yang berada di atas Riau adalah Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

Sedangkan untuk daerah yang berada di luar Pulau Jawa, Riau menduduki peringkat pertama. Jumlah investasi di Riau sepanjang 2009 lalu mencapai 598 juta dolar AS. “Tahun 2009 kita memang peringkat kelima secara nasional sebagai daerah tujuan investasi,” ungkap Kepala BPMPM Riau, Feizal Qomar Karim kepada wartawan di Pekanbaru.

Namun begitu, jka dibandingkan pada tahun 2008 lalu, nilai investasi di Riau menurun sejalan dengan penurunan investasi nasional. “Memang investasi nasional mengalami penurunan, namun pada 2009 kondisi investasi Riau masih stabil,” ungkap dia.

Dari 598 juta dolar AS nilai investasi di Riau pada tahun 2009 itu, 347 juta dolar AS berasal dari 4 proyek melalui PMDN, sedangkan 251 juta dolar lainnya dari delapan proyek melalui PMA.(ad)

Posting Terkait