Riau Nominasi Tuan Rumah Asian Games 2019

1019 views

Vietnam Mundur sebagai Tuan Rumah Asian Games 2019

Stadion-Utama-Riau

Stadion-Utama-Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau dikabarkan masuk nominasi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2019. Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pengganti, setelah Vietnam mengundurkan diri. Dan Indonesia menominasikan Provinsi Riau, selain Sumatera Selatan (Sumsel).

Sumber terpercaya RiauInfo di Komite Olimpiade Internasional (KOI) Pusat memberikan bocoran, bahwa petang ini Ketua KOI Rita Subowo akan menggelar jumpa pers di Jakarta Jumat petang ini. Agenda tunggal jumpa pers KOI tersebut adalah pemaparan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2019 menggantikan Vietnam. “Namun pesta olahraga tersebut tidak akan diselenggarakan di Jakarta, melainkan daerah yang dinilai siap. Salah satunya Riau,” ujar sumber itu.

Menurut sumber itu, Riau dinilai mampu, karena sudah memiliki venues pertandingan olahraga yang lebih dari cukup, dan punya pengalaman sukses dalam penyelenggaraan PON XVIII 2012 yang lalu. “Jika benar-benar Riau yang merebut pelaung itu, maka keuntungan yang akan diraih adalah pemanfaatan aneka venues olahraga yang sudah dibangun selama ini bisa lebih optimal. Di samping multiplier effect ekonomi bagi masyarakat Riau,” tambahnya.

Ditanya soal pernyataan Menegpora Roy Suryo yang menyebutkan bahwa calon tuan rumah terkuat Asian Games 2019 adalah Jawa Timur, sumber itu membantah. “Tidak, Jatim menolak, karena mereka sudah fokus untuk menjadi tuan rumah Asian Games remaja 2022 saja,” tegas sumber yang sangat mengenal medan olahraga di Riau itu.

Karena itu dia yakin, pemerintah dan masyarakat Provinsi Riau tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. (Ridar Hendri)

 

Posting Terkait