Riau Menuju Trend Wisata Olahraga

596 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau saat ini tengah bergeliat menyukseskan berbagai ajang olah raga multi-nasional yang diyakini mampu membangkitkan perekonomian lokal dan ini merupakan trend wisata olah raga atau “sporting holidays”.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa saat berkunjung ke Ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru, beberapa waktu lalu dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakerwil) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau.Menteri sekaligus Ketua Umum partai berlambang matahari bersinar ini juga mengharapkan, Riau dapat menyiapkan diri untuk menyukseskan berbagai event yang mendapat sorotan rakyat Indonesia itu.

Seperti pentas olah raga nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012, kemudian yang semi Internasional yakni Islamic Solidarity Games (ISG) pada 2013.

Untuk diketahui pula, bahwa lembaga survei Internasional, World Travel Monitor sebelumnya juga sempat menyatakan bahwa wisata olah raga atau mengunjungi suatu destinasi untuk ber-olah raga atau mengunjungi sebuah pentas kejuaraan, kini telah menjadi sebuah trend baru.

Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal di Pekanbaru mengaku sangat bangga dengan berbagai event olah raga yang akan dilaksanakan di wilayahnya itu.

Berbagai kegiatan pentas olah raga tersebut meurut dia merupakan wujud promosi daerah yang diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pembangunan di provinsi kaya minyak.

Ketua Riau Tourism Board (RTB) Fadlah Sulaiman juga demikian, event nasional yang akan dilaksanakan di Riau itu menurutnya bakal berdampak besar terhadap kunjungan wistawan ke “negeri lancang kuning”.

Bahkan diprediksi, pada akhir tahun 2012 hingga memasuki 2013 mendatang, kunjungan wisatawan ke Riau bakal naik secara signifikan.

“Kenaikkan tersebut merupakan dampak positif dari digelarnya event besar berskala nasional dan internasional yang dilaksanakan di Riau, seperti PON XVIII dan juga Islamic Solidarity Games (ISG),” katanya.(zas/ant)

 

Posting Terkait