RIAU MASIH TINGGI PELUANG HUJAN… Hujan Akhirnya Bikin Jera Karhutla di Sumatera

627 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Intensitas hujan yang meningkat dalam tiga hari terakhir telah membuat jera kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk menyala di wilayah Pulau Sumatera, Selasa (3/02/2009) ini. Berdasar data BMG, peluang hujan di wilayah Sumatera umumnya meluas akibat gangguan cuaca dari Sumadera Hindia, sebelah Barat Pulau Sumatera. Gangguan tersebut telah menyuburkan konvergensi awan yang rawan hujan di Sumatera. 

“Umumnya peluang hujan meluas di seluruh wilayah Pulau Sumatera, seperti di Provinsi Riau hari ini. Gangguan cuaca berupa tekanan rendah di Samudera Hindia telah membentuk pusaran angin di atas Pulau Sumatera. Pusaran angin itu sangat cepat membentuk awan yang menimbulkan hujan,”terang staf analisa Warih mewakili Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu kepada RiauInfo di Pekanbaru.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 tidak mendapatkan Karhutla di Pulau Sumatera. Khusus wilayah Provinsi Riau, BMG Pekanbaru menemukan peluang hujan masih akan luas terjadi 2 hingga 3 hari mendatang.

Peluang hujan di Riau diperkirakan akan sering terjadi pada rentang waktu pagi hari, sore hingga malam harinya. Hujan umumnya hanya berintensitas ringan. Sejumlah daerah Riau juga berpeluang menerima hujan dengan intensitas sedang dalam 2 hingga tiga hari mendatang. Sementara, temperatur wilayah Riau maksimum hanya mencapai 29 Derjat Celsius hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait