Riau Masih Perlu Tamatan IPDN

909 views
Riau Masih Perlu Tamatan IPDN

Riau Masih Perlu Tamatan IPDN

JATINANGOR (RiauInfo) – Meski banyak alumni dari perguruan tinggi ternama yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, namun Pemprov Riau masih memerlukan tamatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Sebab, dalam bidang ilmu pemerintahan, tamatan IPDN biasanya lebih menguasai.

“Banyak tamatan perguruan tinggi ternama yang bekerja di Riau, tapi kita tetap memerlukan lulusan IPDN ini,” ucap Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus saat memberikan pengarahan di depan para praja IPDN asal Riau di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Jum’at (5/3).

Wan mengatakan bahwa mereka yang berhasil lulus di IPDN bernasib baik. Oleh karena itu, kesempatan tersebut jangan disia-siakan. “Ini kesempatan emas bagi kalian untuk menuntut sebanyak-banyaknya ilmu. Jangan kalian sia-siakan kesempatan emas ini. Kalian semua adalah harapan masa depan bangsa ini,” kata Wan memberi motivasi.

Wan menyebut bahwa saat ini banyak camat, sekwan atau lurah di Riau yang bukan tamatan IPDN. Padahal, seyogyanya jabatan-jabatan itu dijabat para lulusan IPDN mengingat pengetahuan mereka yang cukup baik di bidang ilmu pemerintahan. “Kalian ini orang-orang terpilih,” tegas Wan kembali memberi motivasi.

Karena itu pulalah, Wan memperingatkan para praja asal Riau tersebut untuk benar-benar menjaga nama baik diri, keluarga dan daerah selama menjalani pendidikan. Jika ada yang berbuat tidak baik, sanksinya tidak lain kecuali langsung dipecat. “Kita sudah sepakat dengan pihak IPDN, kalau ada yang melakukan hal-hal yang tidak baik, tidak ada hukuman lain, kecuali langsung dipecat. Harap kalian ingat ini,” tegas Wan.

Wan pada kesempatan itu juga menyampaikan pesan Gubernur Riau agar para praja bisa menjaga nama baik daerah. Sebagai praja asal Riau, harus bisa menjaga marwah Riau yang terkenal dengan budaya Melayu. “Orang Melayu itu identik dengan Islam. Oleh karena itu, jangan coba-coba melakukan hal-hal yang melanggar aturan,” Wan kembali memperingatkan.

Bila para praja berhasil dalam menuntut ilmu, Wan berharap agar para praja tidak hanya karirnya cemerlang di daerah. Tapi kalau bisa juga perperan hingga di tingkat pusat. “Itulah sebabnya kenapa kita sangat concern dengan peningkatan SDM. Kalau kita ada dimana-mana. Misalnya ada yang jadi menteri, dirjen dan sebagainya, yakinlah Riau akan semakin maju,” ucap mantan Walikota Dumai ini.

Pada kesempatan itu, Wan juga mendapat surprise (kejutan) dari para praja IPDN, dengan bersama-sama menyiapkan kue dan bunga ulang tahun untuk Wan. Ternyata Wan berulang tahun yang ke-57. Pertemuan itupun menjadi lebih hidup karena Wan mendapat ucapan selamat dari seluruh praja IPDN asal Riau.(ad/rls)

Posting Terkait