Riau Masih Kekurangan Hampir 10.000 Guru

587 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski hampir setiap tahun dilakukan perekrutan guru, namun sampai saat ini Riau masih kekurangan hampir 10.000 guru. Sejumlah sekolah di seluruh kabupaten/kota di Riau masih sering mengeluh kekurangan tenaga pengajar tersebut. 

Kepala Pendidikan Nasional (Diknas) Riau M Wardan mengaku kewalahan juga untuk menutupi
kebutuhan guru di sekolah-sekolah tersebut. Makanya dia bertekat akan terus berusaha melakukan perekrutan terhadap guru setiap tahunnya.

Bahkan dalam waktu tidak lama ini pihaknya akan melakukan perekrutan sebagai 2.100 orang guru honorer yang akan ditempatkan di sejumlah sekolah-sekolah yang mengalami kekurangan guru tersebut, terutama di kabupaten-kabupaten.

Menurut dia, perekrutan guru honorer ini adalah lanjutan dari kegiatan perekrutan yang dilakukan pada tahun 2005 yang lalu, dimana waktu itu telah direkrut sebanyak lebih 5.000 guru honor untuk ditempatkan di sekolah-sekolah seluruh kabupaten/kota di Riau.

Bila dilihat data yang ada ternyata kekurangan guru yang dialami Riau ini tidak hanya untuk sekolah-sekolah yang terdapat di pedesaan saja, tapi di wilayah perkotaan juga mengalami hal yang serupa.

Contohnya saja untuk kota Pekanbaru, saat ini masih kekurangan sekitar 750 orang guru mulai dari tingkat SD sampai ke tingkat SLTA. Jumlah ini akan terus meningkat jika tidak ada upaya menambahan tenaga pengajar.(Ad)

 

Posting Terkait