RIAU MASIH AMAN… Empat Provinsi Mengalami Karhutla di Sumatera

542 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan mulai tumbuh kembali di sejumlah provinsi wilayah Pulau Sumatera. Keadaan itu baru jeda sehari cuaca cerah dari peluang hujan dalam beebrapa hari terkhir di Sumatera umumnya. Tercatat tiga provinsi mengalami karhutla, Kamis (26/02/2009) ini. Beruntungnya, Riau tidak termasuk provinsi yang jadi korban karhutla tersebut. 

Berdasar rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanaru melaporkan, provinsi yang menjadi korban karhutla hari ini adalah Provinsi Aceh, Jambi dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Satelit NOAA 18 menagkap titik api dari kebakran hutan dan lahan sebanyak 2 titik di wilayah Provinsi Aceh. Menyusul wilayah Provinsi Jambi dan Sumbar masing-masing mempunyai satu titik api. Sehingga jumlah karhutla menjadi genap 4 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

BMG menilai, gejala karhutla kembali muncul jika cuaca cerah dan temperatur tinggi di wilayah Sumatera secara umum. Namun Provinsi Riau sendiri selamat dari karhutla meski temperatur maksimum mencapai 31 Derjat Celsius dan cuaca cerah hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait