Riau Manfaatkan Teknologi IT Untuk Tingkatkan Kinerja Pemerintah

773 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dewasa ini tidak dapat dipungkiri telah memberi andil besar di dalam kehidupan masyarakat. Akses informasi begitu cepat dan tanpa batas yang disajikan melalui sarana teknologi ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Pengelolahan Data Elektronika (Diskominfo PDE) Riau, H Ahmad Syah Harrofie saat membuka acara Sosialisasi dan Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) tingkat Kabupaten/Kota se-Riau, Selasa (8/6) di Hotel Pangeran Pekanbaru.Ahmad Syah mengungkapkan lagi, pemanfaatan secara optimal ini akan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah Riau guna meningkatkan kinerja sekaligus pelayanan kepada masyarakat. “Pemprov Riau sangat mengapresiasi perkembangan teknologi ini melalui implementasi E-Government yang menjadi bagian dalam kebijakan pembangunan yang dilakukan,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemanfaatan media online melalui website riau.go.id serta pembangunan dan pengembangan sistem aplikasi di berbagai unit kerja merupakan wujud dari upaya tersebut.

“Dengan pemanfaatan sistem kerja berbasis elektronik ini diharapkan kinerja pemerintah dapat terus meningkat, terutama berkaitan dengan layanan publik menuju terciptanya pemerintah yang baik (e-governance). Selanjutnya dengan adanya PeGI ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan TIK di lembaga pemerintah di daerah,” jelasnya.

Sementara itu Direktur e-Government Dirjen Aplikasi Telematika Kemetrian Kominfo RI Ir Herry Abdul Aziz, M.Eng dalam kesempatan tersebut menyebutkan, pemanfaatan teknologi IT dewasa ini memang sudah semakin meluas. Kondisi ini tentunya agar bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam meningkaykan pelayanan kepada masyarakat.

Sosialisasi dan PeGI tingkat kabupaten/kota se-Riau yang berlangsung selama dua hari ini diikuti sebanyak 24 peserta yang berasal dari kabupaten/kota di Riau. Acara digelar atas kerjasama Kementrian Kominfo dengan Diskominfo PDE Riau.

Tujuan acara ini untuk menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah, memberikan dorongan bagi peningkatan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah melalui evaluasi yang utuh, seimbang dan obyektif, serta untuk mendapatkan peta kondisi pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah secara nasional.(rilis)

Posting Terkait