Riau Kirim 16 Peserta ke STQ Nasional di Babel

738 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Provinsi Riau mengirim 16 peserta untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an Nasional ke 22 di Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung. Kepastian pengiriman peserta ke STQ Nasional dari Bumi Lancang Kuning ini dituturkan Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Riau Syahrial Abdi kemaren.

Menurut rencana kata Abdi, Kamis ini (22/8) kafilah STQ Nasional akan diberangkatkan menuju Koba Bangka Belitung. Memang sebelumnya sebahagian kecil panitia yang terkait dengan kenderaan hias dan stand bazar telah diberangkatkan untuk mempersiapkan kenderaan hias dan bazar.

Ketika ditanya target yang akan diraih pada STQ Nasional XXII Tahun 2013 ini Syahril Abdi menuturkan Pemprov tidak menarget juara satu atau dua, tapi tampil yang terbaik ditingkat nasional dan mampu mengharumkan Bumi Lancang Kuning. Kata Abdi Riau di STQ Nasional kali ini berbeda dengan STQ Nasional sebelumnya, kita tampil apa adanya. Artinya kita lakukan persiapan yang maksimal dan optimal .

Dan yang menarik pada STQ Nasional kali ini peserta dari Provinsi Riau tampil dengan kemampuan, kekuatan dan semangat kita sendiri. Kita tidak membawa atau mengikut sertakan qari dan qariah jemputan.

Menurut Karo Administrasi Kesra Setda Riau, hanya mengikuti tiga cabang yang dipertandingkan, pertama Tilawah dewasa di ikuti putra dan putri, tingkat anak-anak putra dan putri. Kedua hafalan atau Tahfiz akan ikut beberapa klasifikasi; satu juz dan tilawah putra dan putri, lima juz dan tilawah putra dan putri, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz. Ketiga adalah Tafsir khusu bahasa Arab. Cabang ketiga ini kita juga mengirimkan putra dan putri.

Syahril Abdi mengatakan STQ Nasional ini berlangsung dari 22 – 30 Agustus 2013 di Koba Provinsi Bangka Belitung, tema yang diusung ” STQ Nasional XXII Tahun 2013 Sarana Pendalaman Makna Ajaran Al-Qur’an Sebagai Modal Pembangunan Bangsa Yang berkualitas “. Abdi mengungkapkan Pemprov Riau selain mengirimkan 16 qari dan qariah, kita juga mengirim utusan untuk ikut kegiatan Pawai Ta’aruf dan Bazar. Pawai Ta’aruf ini akan ikut Kabupaten Rokan Hilir sedangkan Bazar, Kota Pekanbaru sebagai utusan dari Riau.

Pada acara pembukaan STQ Nasional akan hadiri selain pejabat dilingkungan Biro Kesra juga akan Gubernur Riau diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Riau, Pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Riau. (mc riau)

Posting Terkait