Riau Kembali Ekspor Sayur Mayur ke Singapura

553 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah sempat terhenti beberapa tahun, dalam beberapa bulan ini Riau kembali mengekspor sayur mayur ke Singapura. Bahkan volume ekspor sayur mayur ke Singapura kali ini cukup besar, yakni mencapai 30 ton per bulan.

Hal itu dikatakan Konsulat Singapura untuk Pekanbaru, Raj Koemar saat perayaan Singapore National Day ke-43 yang digelar Selasa (12/8) malam di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Riau Wan Abubakar dan beberapa pejabat teras Riau lainnya.

Menurut Raj, ekspor sayur mayur dari Riau ke Singapura sudah pernah dilakukan pada tahun 2003 lalu. Namun karena kemudian ekspor ini diserahkan kepada swasta, lambat laun makin jarang dilakukan. Bahkan pada tahun 2005 terhenti sama sekali.

Namun sejak tahun 2007 lalu, dijajaki kembali ekspor sayur. “Bahkan Singapura telah melatih petani di Riau bagaimana menanam sayur mayur dengan baik. Hasilnya tahun ini Riau sudah bisa kembali mengekspor sayurnya ke Singapura,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan ekspor sayur mayur dari Riau ke Singapura ini akan terus berjalan di masa-masa mendatang. Bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan, karena hal ini akan menguntungkan baik bagi petani di Riau maupun bagi Singapura.(Ad)

Posting Terkait