Riau Giatkan Event Nasional dan Internasional

600 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dari dulu sudah dimaklumni, Riau memang tidak memiliki potensi alam yang dapat diandalkan sebagai objek wisata. Namun demikian, Riau tetap optimis akan mempu berperan dalan mensukseskan Visit Indonesia Year (Tahun Kunjungan Wisata) 2008 yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Meski tanpa didukung oleh alamnya, Riau tetap menargetkan selama dicanangkannya Visit Indonesia Year itu, kunjungan wisata ke Riau akan semakin meningkat. Untuk itu berbagai kiat telah dirancang, termasuk diantaranya dengan menggiatkan penyelenggaraan event-event tingkat nasional dan internasional di daerah ini.

Ketua Badan Koordinasi Pengembangan dan Promosi Pariwisata Riau, H Fadlah Sulaiman MM dalam keterangannya Sabtu (5/1) di Pekanbaru mengatakan, sejak Riau selalu menjadi tuan rumah berbagai event nasional maupun internasional, arus kunjungan wisata ke Riau mengalami peningkatan cukup signifikan.

Dia menyebutkan jika tahun 2006 lalu kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Riau berkisar antara 19.000 hingga 21.000 orang, sedangkan pada tahun 2007 meningkat menjadi 32.000 orang. “Kenaikan ini disebabkan banyaknya event berskala nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Riau,” jelasnya.

Event-event besar yang baru saja dilaksanakan di Riau itu antara lain Dunia Melayu Dunia Islam, Festival Budaya Melayu se-Dunia, Festival Film Indonesia, dan beberapa event lainnya. “Event-event itu telah menyedot banyak orang untuk datang dan berkunjung ke Riau,” tambah Fadlah Sulaiman lagi.

Selain akan mempergencar event nasional dan internasional, Pemerintah Provinsi Riau juga telah memerintahkan kabupaten/kota seluruh Riau agar memiliki minimal satu even yang bisa dikunjungi wisatawan. “Dengan demikian seluruh kabupaten/kota di Riau berperan aktif dalam menyukseskan program Visit Indonesia Year 2008 ini,” ungkapnya.(Ad)



Posting Terkait