RIAU DAN PROVINSI LAIN BEBAS TITIK API… Karhutla Bertahan di Sumatera Utara

587 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah Pulau Sumatera masih mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kamis (14/05/2009) ini. Meski jumlahnya relatif kecil, namun satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 mendapatkan titik api di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, sedikitnya satelit NOAA 18 merekam satu titik api di wilayah Provinsi Sumatera Utara hari ini.

Sedangkan provinsi lain wilayah Pulau Sumatera tidak ada terdapat titik kebakaran hutan dan lahan, termasuk Riau hari ini. BMKG mendapatkan luasnya peluang hujan telah meredam pertumbuhan titik api di sejumlah provinsi wilayah Pulau Sumatera.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Rahmat mengatakan, umumnya peluang hujan nyaris banyak terjadi di sejumlah provinsi wilayah Pulau Sumatera. Hujan cenderung meningkat saat waktu malam hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Seperti halnya Riau hari ini kembali berpeluang hujan pada malam nanti. Keadaan itu dinilai akan menekan pertumbuhan titik api.(Surya)

Posting Terkait