Riau Bertekad Swasembada Bera

587 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jika selama ini sebanyak 50 persen kebutuhan Riau masih didatangkan dari provinsi tetangga seperti Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Utara (Sumut), saat ini sedang diupayakan bagaimana suatu saat nanti Riau bisa menyediakan beras untuk kebutuhan sendiri.

Untuk itu, sekarang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan Operasi Pangan Riau Makmur (OPMR) dengan target membuka lahan sawah baru seluas sekitar 100 ribu hektar yang terbesar di 9 kabupaten di Riau. Program ini diperkirakan akan tuntas pada 2013 mendatang.

Dalam melaksanakannya, kebutuhan dana akan dilakukan budget sharing antara pemerintah kabupaten yang terlibat, pemerintah provinsi selaku pengagas dan pemerintah pusat sebagai pendukung. Sedangkan untuk tenaga ahli, dilibatkan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengakui bahwa untuk mewujudkan cita-cita itu, memang tidak bisa bekerja sendiri. Akan tetapi harus melibatkan banyak pihak yang memang ahli di bidangnya, diantaranya pihak IPB yang memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Saat ini lahan pertanian di Riau hanya tercatat sebanyak 23 ribu hektar, sementara lahan yang tersedia sekitar 149 ribu hektar. “Berarti potensi Riau untuk mengembangkan pertanian ini cukup besar, terutama untuk bersawah,” tambah dia lagi.(ad)

Posting Terkait