RIAU BEBAS TITIK API… Tanjung Pinang dan Babel Korban Karhutla di Sumatera

501 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain Provinsi Bangka Belitung (Babel), daerah Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau juga tercatat sebagai korban kebakaran hutan dan lahan di wilayah Pulau Sumatera yang umumnya mengalami peningkatan hujan, Senin (2/02/2009) ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, hujan telah menyelamatkan provinsi lainnya dari Karhutla di Sumatera, termasuk Provinsi Riau hari ini. 

Staf analisa Slamet Riyadi mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, hujan luas terjadi akibat suburnya pertumbuhan awan di sepanjang wilayah wilayah Pulau Sumatera.

Gangguan cuaca dari bagian Timur Indonesia di Papua telah menyebabkan suburnya konvergensi awan rawan hujan tersebut. Bahkan BMG menangkap peluang hujan masih ada hingga Senin mendatang di sejumlah provinsi wilayah Sumatera, termasuk di Riau.

BMG Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap dua titik api di wilayah Bangka Belitung dan satu titik Karhutla lagi menyala di daerah Tanjung Pinang Kepri. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan m,enjadi tiga titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.(Surya)

Posting Terkait