RIAU BEBAS TITIK API… Karhutla Bertahan di Provinsi Jambi

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski peluang hujan mulai berkurang, sejumlah provinsi wilayah Pulau Sumatera termasuk beruntung dengan juga berkurangnya jumlah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Selasa (21/04/2009) ini. Hanya satu provinsi yang tercatat mengalami karhutla hari ini di Sumatera.

Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, satu-satunya titik api hanya menyala di wilayah Provinsi Jambi.

BMKG Pekanbaru menilai, musim hujan ke musim kering masih dalam masa peralihan jelang akhir April ini. Keadaan itu sebenarnya telah mengurangi intensitas hujan di sejumlah provinsi wilayah Pulau Sumatera. Beruntung sejumlah provinsi tidak menjadi korban karhutla di tengah cuaca kering saat ini.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, peluang hujan masih ada terbaca di sejumlah provinsi. Namun intensitasnya relatif kurang dan bersifat lokal dengan rentang waktu yang relatif singkat. Menurut BMKG, pertumbuhan titik api perlu diwaspadai ditengah gejala musim kering sepekan ke depan di Riau, Sumatera umumnya.(Surya)

Rizki: