Riau Akan Rugi Jika Menolak Rencana Singapura

513 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sikap Ketua Komisi A DPRD Riau Mastar SH yang menolak dengan kasar keinginan Konsul Singapura untuk membangun kantor permanen di Pekanbaru, dinilai banyak pihak sebagai sikap yang bodoh. 

Sikap yang ditunjukkan Mastar itu, membuktikan dia tidak memiliki wawasan luas terhadap arti dari hubungan antar negara, apalagi negara tetangga seperti Singapura yang dikenal punya tingkat perekonomian sangat tinggi.

Bahkan Ketua DPRD Riau drh Chaidir mengatakan jika keinginan konsul Singapura membangun kantor konsul permanan di Pekanbaru ditolak, maka Riau akan mengalami kerugian.

Menurutnya, keberadaan konsul Singapura di Pekanbaru bisa dimanfaatkan oleh Riau untuk lebih memperkokoh jalinan kerjasama di bidang ekonomi dan pendidikan. “Bagaimanapun Singapura jauh lebih unggul dibandingkan Riau,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama itu, maka keunggulan Singapura itu lambat laun akan mengalir ke Riau. “Ini khan akan menguntungkan Riau. Makanya akan rugi besar kalau kita malah memusuhi negara tersebut,” tambahnya.

Chaidir mengatakan keinginan Singapura mendapatkan lahan yang dianggapnya startegis dibangun kantor konsul, itu sah-sah saja. Nanti lahan itu khan hanya hak pakai, bukan hak milik.

Mengenai kemarahan Indonesia karena belum bersedianya Singapura menandatangani perjanjian ekstradisi, Chaidir mengatakan hal itu juga tidak perlu dipermasalahkan. Nanti Singapura pasti akan menandatanganinya.(Ad)

Posting Terkait