Resmi Berdiri, Koperasi Mawar Bestari Naungi 200 Usahawan Lokal

764 views

mawar bestariPEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bersama mitra pendukung Program Yayasan Talang Anak Negeri (YTAN) meresmikan Koperasi Mawar Bestari pada Minggu lalu (15/11). Koperasi ini dibentuk sebagai tempat bernaung para anggota Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Chevron di bawah Program Pusat Pembinaan Usahawan Mitra Chevron (PUC) yang dikelola oleh YTAN. Peresmian koperasi dihadiri oleh perwakilan tim penggerak PKK di Kecamatan Mandau, para UMKM binaan, pengurus koperasi dan masyarakat sekitar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada 13 mitra binaan terbaik PUC versi Pondok Oleh-Oleh Duri. Adapun kriteria pemilihan adalah binaan yang bisa memberikan lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya, binaan dengan hasil penjualan tinggi di toko Pondok Oleh-Oleh Duri dan prestasi lain selama menjadi anggota PUC. Pondok Oleh-Oleh Duri merupakan pusat pemasaran produk-produk anggota PUC.

Ketua pengurus Koperasi Mawar Bestari Yunidar menjelaskan, koperasi yang dipimpinnya mengangkat konsep usaha atau milik bersama. ’’Tujuannya menciptakan kesejahteraan anggota dan masyarakat umum, melayani kebutuhan dasar UMKM dengan harga yang kompetitif dan mengadakan pembelian secara cicilan bagi UMKM yang membutuhkan sesuai aturan yang telah disepakati bersama,” tutur Yunidar.

Mewakili manajemen Chevron, Community Engagement Specialist Winda Damelia menjelaskan tentang tujuan dibentuknya Koperasi Mawar Bestari. “Dengan adanya koperasi ini, semoga anggota UMKM binaan Chevron memiliki wadah untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan lanjutan dalam rangka meningkatkan kapasitas para usahawan,” tutur Winda.

Selain itu, tambah Winda, para anggota koperasi dapat memperoleh harga yang lebih terjangkau ketika bertransaksi bahan pokok untuk kebutuhan produksi dan pemasaran produk. Harapannya, kesejahteraan anggota koperasi dapat meningkat sekaligus memberdayakaan ekonomi masyarakat.

PUC merupakan salah satu program investasi sosial Chevron di bidang pemberdayaan ekonomi yang bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan potensi lokal. Untuk mendorong pengembangan program PUC, Chevron memfasilitasi pembukaan toko oleh-oleh di Duri dan di Kabupaten Rokan Hilir. Peresmian Koperasi Mawar Bestari merupakan salah satu upaya pengembangan lanjutan PUC.

Saat ini, lebih dari 200 usahawan binaan Chevron telah bergabung menjadi anggota PUC. Usahawan tersebut umumnya memiliki usaha yang bergerak di bidang makanan (seperti aneka keripik, dodol, bolu kemojo), kerajinan tangan (seperti tas kertas dari bahan daur ulang, tempat tisu, tempat pensil) dan barang-barang khas Riau (seperti kain tenun Riau). Chevron berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat yang diwujudkan melalui tiga pilar utama yaitu pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi lokal.(ad)

Posting Terkait