Rencana Pembangunan Roro Dumai-Malaka Dibahas Kembali

716 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah lama vakum, rencana pembangunan pelabuhan roro Dumai-Malaka akan kembali dibahas. Hal ini seriring dengan telah dipastikannya lokasi pembangunan pelabuhan roro di Malaka, yakni di kawasan Tanjung Berias.

Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis kepada wartawan, Selasa (12/11) di Pekanbaru mengatakan, selama ini yang menjadi hambatan pembangunan pelabuhan Roro Dumai-Malaka itu karena pihak pemerintah Malaka belum bisa memastikan dimana pelabuhan itu akan dibangun.

Pasalnya waktu itu Tanjung Berias masih dimiliki atau dikuasai oleh pemerintah federal Malaysia. Namun sekarang Tanjung Berias sudah diserahkan ke Malaka, sehingga kawasan itu bisa ditetapkan sebagai pelabuhan roro.

Dengan telah ditetapkannya lokasi pelabuhan roro di Malaka, maka menurut Emrizal Pakis, Pemprov Riau dan pemerintah Malaka sudah bisa membicarakan kembali masalah pelabuhan Roro Dumai-Malaka itu. “Kita akan lebih mematangkan rencana ini,” jelasnya.

Emrizal mengatakan, sebenarnya untuk pelabuhan roro ini tidak perlu harus membangun pelabuhan baru, tapi cukup memanfaatkan pelabuhan lama yang sudah ada. “Cukup melengkapinya dengan jalur keluar masuknya mobil,” ujarnya.

Namun bila nanti dibutuhkan pelabuhan yang lebih baik dan lebih representatif lagi, baru dibangun pelabuhan baru. “Untuk sementara ini cukup saja dengan memanfaatkan pelabuhan lama yang sudah ada,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait